Advertisement

Tarik Minat Wisata Sungai, Warga Bantaran Winongo Gelar Festival Budaya

Sunartono
Senin, 20 Maret 2023 - 09:27 WIB
Sunartono
Tarik Minat Wisata Sungai, Warga Bantaran Winongo Gelar Festival Budaya Kegiatan Festival Budaya di Bantaran Sungai Winongo, Pringgokusuman, Kota Jogja, Minggu (19/3/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Kampung Notoyudan, Kelurahan Pringgokusuman, Gedongtengen, Kota Jogja menggelar Festivasl Budaya bertajuk Mbangun Gumregah Mbangun Kutha, Minggu (19/3/2023). Kegiatan itu digelar untuk meningkatkan daya Tarik wisata terhadap bantaran sungai yang sudah tertata rapi.

Ketua Panitia Festival Budaya Sigit Parwanto menjelaskan kegiatan itu diisi dengan kirab budaya yang menampilkan berbagai kesenian dan hasil bumi dari warga sekitar. Kirab tersebut mengelilingi kampung sekitar bantaran Sungai Winongo sekaligus untuk mengenalkan berbagai budaya yang berkembang di masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Ubah Sungai Winongo Jadi Asri, Warga Pringgokusuman

“Smeua warga mengikuti dan semangatnya sangat tinggi dalam kegiatan ini, keliling kampung dengan berbagai kesenian budaya di pinggiran Winongo,” kata Sigit.

Ia mengatakan melalui festival budaya tersebut warga memiliki harapan agar ke depan masyarakat menyadari bahwa  bantaran sungai yang selama ini sering dicap kumuh namun saat ini sudah bersih. Selain itu warga sekitar sudah memiliki kesadaran memelihara lingkungan mulai dari hal kecil dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Sejak dibangun oleh Pemkot Jogja, saat ini warga sangat antusias berkegiatan di bantaran sungai dan mereka berkomitmen menjaga kebersihan sungai karena sekarang sudah bersih dan menarik,” katanya.

Selain itu, Sigit memiliki harapan melalui festival tersebut bantaran Winongo di kampungnya dapat dikenal masyarakat untuk dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata sungai. Dengan berbagai fasilitas yang telah tersedia, ia meyakini sungai bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi masyarakat.

BACA JUGA : Bersihkan Sungai, Warga Tegaskan Sungai Jadi "Halaman

“Harapan kami demikian bisa menjadi alternatif destinasi wisata,” ujarnya.

Selain itu, festival juga untuk menguatkan potensi budaya dan ekonomi kampung sekaligus menjadi media untuk membangun kolaborasi antar pemangku kepentingan dan komunitas. Muaranya untuk mewujudkan budaya bermukim yang aman sehingga dapat memperkuat Keistimewaan DIY.

“Kegiatan ini menampilkan upacara dengan tajuk bebakal, cecikal dan tetinggal untuk menggambarkan keberhasilan dan harapan dalam mewujudkan keamanan bermukim bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kota Jogja. Selain itu ada pelaku UMKM juga terlibat,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement