Advertisement

5 Ekor Ular Masuk ke Restoran di Bantul, Seorang Karyawan Kena Gigit

Yosef Leon
Minggu, 26 Maret 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
5 Ekor Ular Masuk ke Restoran di Bantul, Seorang Karyawan Kena Gigit Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sedikitnya lima ekor ular berjenis sanca kembang masuk ke sebuah restoran di Jalan Wonosari, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul pada Minggu (26/3/2023) sore. Seekor ular di antaranya sempat menggigit karyawan restoran yang hendak mengevakuasi ular-ular tersebut. 

Ular itu dilaporkan masuk ke area restoran sekitar pukul 15.30 WIB saat hujan dengan intensitas lebat mengguyur wilayah setempat. Kemungkinan ular berpindah tempat lantaran sungai yang berada di sekitar lokasi meluap akibat banjir hingga masuk ke area pemukiman warga. 

Advertisement

"Kejadiannya sore tadi sekitar pukul 15.30 WIB saat hujan deras, mungkin karena sungai meluap ular erpindah dan masuk ke restoran itu," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran BPBD Bantul Irawan Kurnianto, Minggu. 

Irawan menjelaskan, ketika ular tersebut masuk ke area restoran seorang karyawan berinisiatif untuk mengevakuasi. Akan tetapi dirinya malah termasuk. Tak mau menimbulkan korban selanjutnya, mereka lantas memanggil petugas Pemadam Kebakaran BPBD Bantul. "Kami terjunkan empat orang petugas dengan sejumlah peralatan untuk melakukan evakuasi," kata dia. 

BACA JUGA: Ular Kobra Jawa Sembunyi di Samping Lemari Pakaian Warga Bantul

Adapun panjang ular yang dievakuasi itu rata-rata berukuran 2,5 meter. Petugas membawa lima ekor ular itu ke markas Pemadam Kebakaran BPBD Bantul untuk kemudian dilepasliarkan kembali ke tempat yang aman dan jauh dari pemukiman warga. 

Menurutnya, curah hujan yang tinggi yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir menjadi salah satu penyebab hewan reptil seperti ular atau biawak masuk ke pemukiman. Kondisi itu memaksa hewan melata keluar ke wilayah kering lantaran tempat persembunyiannya terendam air.

Irawan menyampaikan, apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan evakuasi satwa liar seperti ular dan sebagainya dari petugas pemadam kebakaran, bisa meminta pertolongan dari petugas damkar dengan menghubungi nomor BPBD Bantul di 0274 6462100.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement