Advertisement

Tok! Pilihan Lurah di Gunungkidul pada 2024 Dipastikan Ditunda

David Kurniawan
Rabu, 29 Maret 2023 - 13:17 WIB
Arief Junianto
Tok! Pilihan Lurah di Gunungkidul pada 2024 Dipastikan Ditunda Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pilihan lurah serentak di 2024 dipastikan ditunda. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kementarian Dalam Negeri No:100.3.5.5/244/SJ tertanggal 14 Januari 2023.

Didalam edaran ini dijelaskan bahwa pilihan yang dilaksanakan setelah 23 November 2023, maka penyelenggaraannya akan ditunda sampai dengan selesainya tahapan Pemilu dan Pilkada 2024.

Advertisement

Kepala Bidang Bina Administrasi dan Aparatur Pemerintah Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Gunungkidul, Kriswantoro mengatakan seyogyanya di 2024 akan diselenggarakan pilihan lurah serentak di 30 kalurahan.

BACA JUGA: Lurah di Gunungkidul Dihukum 5,9 Tahun Penjara karena Korupsi Dana Desa

Hanya saja, dengan adanya surat edaran dari kemenedagri, maka akan ditunda. “Edarannya jelas pelaksanaan pilihan lurah diselenggarakan setelah pilkada,” kata Kriswantoro,  Rabu (29/3/2023).

Menurut dia, masa jabatan 30 lurah di Gunungkidul akan habis pada akhir November 2024. Tetapi karena ada edaran tersebut, maka tidak bisa menyelenggaran pemilihan tersebut sesuai dengan jadwal yang seharusnya.

“Sebelum masa jabatan habis, harusnya ada pemilihan. Tetapi, tidak bisa diselenggarakan karena Pemerintah Pusat sudah menginstruksikan agar penyelenggaraan setelah pilkada selesai,” katanya.

Kris mengungkapkan, untuk kekosongan jabatan 30 lurah di tahun depan rencananya ditunjuk Pejabat Sementara (PJ).  Tugas PJ menjadi penanggungjawab jalannya roda pemerintahan hingga dilantiknya lurah definitif melalui proses pemilihan.

“Penyelenggaraan pilihan lurah serentak di tahun depan memang ditunda karena bersamaan dengan pemilu dan pilkada. Selama belum ada  pemilihan, maka jabatan lurah yang kosong bakal diisi oleh PJ,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement