Advertisement

Kasus Covid-19 Kembali Naik, 1 Pasien di Kulonprogo Meninggal

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 16 April 2023 - 18:00 WIB
Maya Herawati
Kasus Covid-19 Kembali Naik, 1 Pasien di Kulonprogo Meninggal Ilustrasi Covid/19 / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo mencatat kasus Covid-19 naik dalam dua pekan terakhir pada April 2023. Satu pasien Covid-19 dengan komorbid meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami mengatakan kelonggaran pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan masih menjadi faktor naiknya persebaran Covid-19.

Advertisement

“Terkait dengan kematian akibat Covid-19 itu selama sebulan terakhir hanya ada satu orang. Terkhusus kematian tersebut juga disertai komorbid. Meninggalnya di RSUD Wates, karena ya punya komorbid tadi,” kata Sri, Minggu (16/4/2023).

Sri menambahkan agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Hal tersebut penting mengingat tidak adanya pembatasan kerumunan. Pemakaian masker pun menjadi tindakan yang paling mudah dilakukan.

“Antisipasi tetap dari masyarakat sendiri. Kami juga terus melakukan edukasi. Selain itu ketahanan tubuh juga penting untuk diperhatikan masyarakat. Prinsipnya dua hal itu,” katanya.

Lebih jauh, Sri menjelaskan jawatannya tidak akan mengadakan vaksinasi massal, kendati akan ada banyak orang yang masuk ke Kulonprogo utamanya ketika libur lebaran. Katanya, vaksin yang ada pun akan diprioritaskan kepada masyarakat rentan seperti warga lansia.

“Vaksin yang masih ada tetap kami berikan. Kekebalan masyarakat Indonesia juga sudah cukup tinggi yaitu 98 persen. Booster tetap kami berikan dengan stok yang ad aini. Tapi memang kami melayani yang datang ke fasilitas kesehatan,” katanya.

Mengacu pada tanggal 10 April 2023, terdapat 345.483 orang yang telah mendapat vaksin pertama, lalu 320.791 orang mendapat vaksin ke dua, kemudian 123.118 orang mendapat vaksin ke tiga, dan 6.206 orang mendapat vaksin ke empat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement