Advertisement

Hadapi Musim Kemarau, Bantul Kekurangan Personel Pemadam Kebakaran

Ujang Hasanudin
Kamis, 04 Mei 2023 - 18:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Hadapi Musim Kemarau, Bantul Kekurangan Personel Pemadam Kebakaran salah satu armada pemadam kebakaran di kantor BPBD Bantul, Kamis (4/5 - 2023)

Advertisement

Harianjoga.com, BANTUL—Tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) cukup tinggi, namun ternyata tidak dibarengi dengan kelengkapan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

Bahkan instansi dibawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Bantul ini masih kekurangan banyak personel. Dari kebutuhan sembilan pos Damkarmat, hingga kini baru dibangun tujuh pos Damkarmat.

Advertisement

BACA JUGA: BPBD Bantul Peringatkan Warga Jauhi Lokasi Berpotensi Kebakaran

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto tidak menampik kondisi tersebut. Diakuinya, saat ini jumlah personel Damkarmat sebanyak 107 orang. Dari jumlah tersebut yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) hanya lima orang. “Yang lainnya semua adalah pegawai harian lepas atau PHL,” katanya, saat ditemui di Kantor BPBD Bantul, Kamis (4/5/2023).

Karena PHL, maka hak yang mereka terima tidak sebanding dengan tugas yang mereka emban. Mereka hanya mendapatkan gaji bulanan setara upah minimum kabupaten (UMK). Sementara UMK Bantul tahun ini sebesar Rp2,066 juta. Mereka tidak mendapatkan upah selain dari gaji pokok bulanan. Bahkan Tunangan Hari Raya (THR) Lebaran, beberapa waktu lalu juga tidak mereka peroleh.

BACA JUGA: Cuaca Panas, BPBD Bantul Ingatkan Potensi Kebakaran

Menurut Irawan, idealnya petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan di Bantul membutuhkan sekitar 200 personel dengan jumlah pos pemadam kebakaran sebanyak sembilan pos. Sementara yang ada saat ini baru tujuh pos pemadam kebakaran yang tersebar di sejumlah lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement