Advertisement

Ruas Tepus-Jerukwudel Rampung Akhir Tahun, JJLS Pantai Selatan Segera Tersambung

David Kurniawan
Kamis, 11 Mei 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Ruas Tepus-Jerukwudel Rampung Akhir Tahun, JJLS Pantai Selatan Segera Tersambung Ilustrasi Seorang pengendara motor saat melintas di JJLS yang berada di kawasan Kapanewon Rongkop. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) ruas Tepus-Jerukwudel diklaim lancar. Diperkirakan proyek akan selesai tepat waktu, yakni di akhir tahun ini.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono mengatakan pembangunan JJLS di Gunungkidul kini hanya menyisakan satu ruas. Setelah ruas Tepus-Jerukwudel selesai, maka jalur di pantai selatan akan benar-benar tersambung.

Advertisement

Menurut dia, pengerjaan masih berlangsung hingga sekarang. Namun demikian, untuk perkembagan, ia mengakui kabupaten tidak mengetahuinya. “Lokasi memang berada di Gunungkidul, tapi pengerjaan dilakukan oleh tim dari Pemerintah Pusat,” katanya, Kamis (11/5/2023).

Putro menyarankan untuk mengetahui perkembangan pembangunan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional yang membangun. “Kami belum mendapatkan informasi terkini, jadi ke PJN saja,” katanya.

Asisten Pelaksana Satker PJN, Wahyu Widyantoro mengatakan, perkembangan pembangunan JJLS di Gunungkidul berjalan dengan bagus. Adapun ruas yang dikerjakan menyisakan satu segmen yang menghubungkan Kapanewon Tepus dengan Girisubo. “Tinggal 10 kilometer lagi dan JJLS di Gunungkidul akan selesai,” katanya.

BACA JUGA: Pembangunan Kelok 18 JJLS Gunungkidul Bantul Tunggu Dana Pinjaman Rp241 Miliar dari Islamic Development Bank

Menurut dia, di awal-awal pengerjaan sempat menggunakan bahan peledak guna mengemburkan tanah perbukitan yang akan dikepras untuk jalan. Langkah ini dilakukan agar pengerjaan bisa cepat dan sesuai target.

“Kelihatannya dua kali menggunakan bahan peledak. Mungkin kalau ada yang butuh digemburkan lagi, maka bisa menggunakannya lagi [bahan peledak] karena semua disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” katanya.

Menurut Wahyu hingga sekarang pengerjaan sudah mencapai 58,5% dari target. Adapun pengerjaan sudah sampai pada penggalian dan pemerataan untuk ruas jalan yang dibutuhkan.

“Sesuai dengan target, kami yakin JJLS di Gunungkidul benar-benar sudah selesai di akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari perkembangan pekerjaan yang telah dicapai saat sekarang,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement