Advertisement

Mendes PDTT Klaim Daftar Tunggu Transmigrasi di Atas 5.000 KK

Sunartono
Selasa, 16 Mei 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Mendes PDTT Klaim Daftar Tunggu Transmigrasi di Atas 5.000 KK Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar dalam Rakornas Transmigrasi di UGM, Selasa (16/5/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar mengklaim minat program transmigrasi terus meningkat. Saat ini jumlag waiting list atau daftar tunggu untuk mengikuti program ini lebih dari 5.000 kepala keluarga (KK) untuk seluruh Jawa.

Halim mengungkapkan meski jumlah daftar tunggu mencapai 5.000 KK, namun begitu Kementerian belum mengirimkan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan adanya upaya perbaikan desain program agar lebih baik dan bermanfaat bagi para transmigran.

Advertisement

BACA JUGA : Kuota Belum Pasti, Puluhan Warga Gunungkidul 

“Artinya program transmigrasi masih dibutuhkan namun kami ingin menyiapkan program sebaik mungkin. Bukan semata-mata memindahkan penduduk, namun sedemikian rupa perlu perubahan UU dan perubahan peraturan di bawah UU soal kepemilikan lahan secara komunal,” katanya di sela-sela membuka Rakornas Transmigrasi Tahun 2023  dan Pembekalan Mahasiswa KKN-PPM UGM yang bertajuk Transmigrasi Modern untuk Indonesia Sejahtera, di Grha Sabha Pramana Kampus UGM, Selasa (16/5/2025).

Sejumlah perubahan yang sedang diupayakan antara lain peningkatan kepemilikan luas lahan komunal yang digarap para transmigrant di lokasi transmigrasi. Selain itu perlu adanya pola pikir bahwa  transmigrasi merupakan program modern yang bermanfaat meski sudah berjalan sejak puluhan tahun silam.

Lahan yang diberikan kepada transmigran bersifat komunal sehingga tidak dapat diperjualbelikan agar keberadaan transmigrasi tetap berjalan. “Perubahan ke arah modern ini salah satunya dari sebelumnya simbol cangkul, saat ini tractor besar, dari sisi lahan diupayakan minimal mendapatkan 3 hektare setiap KK,” ujarnya.

BACA JUGA : Minat Warga Bantul Ikut Program Transmigrasi Menurun

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai program transmigrasi harus mendapatkan dukungan yang lebih besar dan diback-up anggaran yang cukup. Selama ini program ini mampu membentuk dan merawat pertumbuhan ekonomi baru di daerah terpencil.

“Selain itu membangun konektivitas ekonomi dengan berbagai kekurangan dari titik awal sampai pembangunan serba terbatas hingga menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru yang modern,” ujarnya.

Ia menilai transmigrasi menjadi salah satu program yang mampu mempersatukan masyarakat dari berbagai latar belakang. Mereka hadir sebagai pendatang kemudian berbaur dan menjalin hubungan baik dengan warga setempat.

“Ini menjadi kekuatan bangsa karena faktanya transmigrasi mampu menyatukan perbedaan. Program ini juga menjadi ruang distribusi pengetahuan, ilmu, kebudayaan serta pemerataan pembangunan bangsa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement