Advertisement

Polisi Calon Pawang Satwa Ikuti Uji Kompetensi

Yosef Leon
Senin, 05 Juni 2023 - 19:57 WIB
Maya Herawati
Polisi Calon Pawang Satwa Ikuti Uji Kompetensi Suasana uji skenario dalam simulasi keterampilan unit satwa yang menjadi bagian dari uji kompetensi calon pawang satwa dan ahli menunggang kuda (aswasada) di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (5/6/2023). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ditsamapta Polda DIY menyelenggarakan uji skenario dalam simulasi keterampilan unit satwa dalam rangka uji kompetensi calon pawang satwa dan ahli menunggang kuda (aswasada) di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (5/6/2023). 

Kepala Unit Satwa Polda DIY Ipda Jaka Purwaka mengatakan uji kompetensi calon pawang satwa dan aswasada digelar selama tiga hari. Hari pertama uji tertulis, hari kedua dan ketiga praktik penanganan satwa, baik untuk deteksi handak, narkoba maupun SAR.

Advertisement

Dalam simulasi keterampilan itu polisi menurunkan unit satwa untuk melacak keberadaan narkoba dengan anjing pelacak lewat serangkaian penggerebekan dan penyisiran di sejumlah titik. 

BACA JUGA: Temukan Istri di Indekos Pria Lain, Suami Ngamuk dan Hajar Mahasiswa

“Satwa yang digunakan sebelumnya juga telah dilatih dengan kemampuan dasar di pendidikan kejuruan Dikbangspes Satwa K9 maupun Turangga,” katanya, kemarin. 

Jaka menyatakan setelah para peserta menyelesaikan uji kompetensi ini, bukan berarti tugas selesai, namun ini merupakan awal dalam menghadapi tugas yang sebenarnya. Para pawang dan aswasada dituntut memiliki sikap perilaku, pengetahuan dan fisik yang prima dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada pawang dan aswasada sebelum dihadapkan dalam tugas sebenarnya di lapangan sehingga diharapkan mahir, terpuji, patuh hukum dan siap operasional.

Direktur Samapta Polda DIY Komisaris Besar Polisi Wisnu Prabowo menyatakan calon pawang satwa dan aswasada menjalani uji kompetensi agar mereka memiliki kualifikasi standar pelayanan yang baik.

Saat ini Polres di wilayah DIY belum memiliki unit satwa. Unit satwa baru terdapat di Polda DIY dengan jumlah satwanya 16 anjing dan dua kuda. Dengan luasnya layanan itu, Wisnu menyatakan kemampuan personel dalam memberikan layanan kepada masyarakat akan potensi gangguan keamanan harus selalu ditingkatkan, salah satunya dengan mengikuti uji kompetensi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement