Advertisement

Kelurahan Bumijo, Tingkatkan Pendapatan Masyarakat lewat Enzim Buah

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 06 Juni 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Kelurahan Bumijo, Tingkatkan Pendapatan Masyarakat lewat Enzim Buah Pembuatan enzim buah di Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, beberapa waktu lalu. - ist - Kelurahan Bumijo

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS—Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, Kota Jogja menggelar pelatihan pembuatan enzim buah beberapa waktu lalu. Dari pelatihan tersebut, masyarakat diharapkan dapat mengembangkan keterampilan tersebut untuk meningkatkan perekonomian. 

Lurah Kelurahan Bumijo Ani Purwati menyampaikan enzim buah dibuat dari fermentasi buah-buahan segar yang dinilai mudah untuk dilakukan dan memiliki potensi untuk dapat dikembangkan masyarakat secara mandiri. 

Advertisement

Pembuatan enzim buah relatif mudah dilakukan dan bahannya mudah didapat. “Untuk di kelurahan, saya belum pernah mendengar bikin enzim buah. Baru sekarang ini sehingga kelurahan mengajak warga untuk membuat,” ujarnya, Selasa (6/6/2023). 

Ani menyampaikan enzim buah memiliki banyak manfaat sehingga punya nilai ekonomi yang tinggi. Enzim buah dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai minuman untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Puan Maharani Sebut AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Dia menyampaikan dalam pelatihan tersebut peserta diajarkan membuat enzim buah dari 25 macam buah segar yang dicampur dengan madu dan air dengan takaran tertentu. Kemudian campuran bahan tersebut didiamkan selama enam bulan hingga dapat dikonsumsi. 

Masyarakat Bumijo dinilai sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut. Setelah pelatihan tersebut masyarakat banyak yang langsung mempraktikannya di setiap kelompok masyarakat. 

Ani berharap masyarakat dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk meningkatkan pendapatan. “Harapan saya karena enzim buah ini bisa diperjualbelikan, bisa meningkatkan perekonomian, paling tidak ekonomi keluarga. Kalau kelompok ya perekonomian kelompok,” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement