Advertisement

Pasar Godean Baru Ramai Pengunjung, Pemkab: Ini Bukti Sosialisasi Berhasil

Lugas Subarkah
Senin, 19 Juni 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Pasar Godean Baru Ramai Pengunjung, Pemkab: Ini Bukti Sosialisasi Berhasil Pedagang dan pembeli beraktivitas di area relokasi Pasar Godean, beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ribuan pedagang Pasar Godean kini telah menempati area relokasi di Kalurahan sidoluhur. Area relokasi tersebut cukup ramai dikunjungi masyarakat sekitar Godean. Sosialisasi pun diklaim sudah cukup optimal.

Kepala UPT Pelayanan Pasar Wilayah 1, Robertus Esthi Raharja, menjelaskan semua pedagang telah menempati area relokasi pada Sabtu (17/6/2023). Mereka sebelumnya berangsur-angsur pindah dari tiga tempat relokasi, yakni Tanah Kas Desa Sidokarto, Pasar Hobbies dan Sentra Belut.

Advertisement

Dengan dipindahnya para pedagang ke area relokasi ini menurutnya tidak membingungkan masyarakat untuk berbelanja ke pasar. Hal ini terlihat dengan ramainya area relokasi setiap hari. “Masyarakat sudah tahu, laris [dagangannya],” ujarnya, Senin (19/6/2023).

Sejak Jumat (16/6/2023) dini hari, sekitar pukul 01.00 para pedagang sudah beroperasi di area relokasi dan ramai oleh pembeli yang merupakan masyarakat sekitar Godean. “Puncaknya jam 04.00 WIB-05.00 WIB, di sisi Utara. Kemudian yang jual belut juga masih ramai transaksi sampai sore,” katanya.

BACA JUGA: Pertengahan April Pasar Godean Mulai Dibangun

Menurutnya, ramainya area relokasi ini tak lepas dari sejumlah upaya sosialisasi yang dilakukan sebelumnya, salah satunya dengan prosesi Kirab Boyongan ke area relokasi yang digelar pada Sabtu (10/6/2023) lalu yang diikuti ribuan orang.

Selain itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman juga telah menggelar sosialisasi di tingkat kapanewon untuk memastikan warga Godean mengetahui keberadaan area relokasi tersebut. “Itu kan sudah mewakili secara kewilayahan,” kata dia.

Para pedagang menurutnya sejauh ini juga merespon positif pemindahan dari tempat transit ke area relokasi tersebut. Hal ini dikarenakan fasilitas yang lebih memadahi seperti lampu yang lebih terang, bangunan dan atap yang lebih kuat, toilet, musola, tempat parkir yang lebih nyaman.

Area relokasi Pasar Godean juga dilengkapi petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam. Dengan berbagai fasilitas tersebut, pedagang dibebaskan beroperasi pukul berapa saja. “Lima hari ini ada yang sampai jam 20.00 WIB, terserah mereka mau jualan sampai kapan, tidak membatasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement