Advertisement

Puluhan Warga Suspek Antraks di Gunungkidul Jalani Pemeriksaan Sampel Darah Hari Ini

Sunartono
Jum'at, 07 Juli 2023 - 08:44 WIB
Sunartono
Puluhan Warga Suspek Antraks di Gunungkidul Jalani Pemeriksaan Sampel Darah Hari Ini Gejala Antraks - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 87 warga di Dusun Jati, Candirejo, Semanu, Gunungkidul akan menjalani pemeriksaan sampek darah pada Jumat (7/7/2023) hari ini. Pemeriksaan itu dilakukan karena suspek antraks harus melalui proses dua kali pemeriksaan laboratorium.

Entomolog Kesehatan Dinkes DIY Rega Darmawan menjelaskan seluruh suspek antraks di Gunungkidul akan menjalani diperiksa sampel darahnya lagi pada Jumat (7/7/2023) hari ini. Pemeriksaan darah Kembali dilakukan untuk memastikan suspek tersebut positif antraks atau tidak. Mengingat orang positif antraks diperlukan dua kali pemeriksaan sampel darah atau sero survei. Pada setiap sero survei akan ada penetapan seropositif.

Advertisement

BACA JUGA : Dinkes Gunungkidul Usulkan KLB Antraks, Wabup Ngeyel

"Positif untuk antraks itu sebenarnya baru bisa dikatakan positif kalau sudah dilakukan dua kali pemeriksaan dan itu dua-duanya seropositif. Apabila sebelumnya sudah diperiksa hasilnya positif, kemudian minimal 10 hari setelahnya diperiksa lagi, dia seropositif lagi, itu artinya positif,” kata Rega dalam rilisnya.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menyatakan jika mengacu pada Permenkes, seharusnya penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) Antraks telah dilakukan sejak 2019 silam. Penetapan KLB harus diterbitkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No.1501/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan.

Penetapan KLB mengacu pada sejumlah faktor, antara lain kasus yang terjadi pada saat ini lonjakannya sudah dua kali lipat atau lebih dibandingkan tahun atau periode sebelumnya. Selain itu, penentuan KLB juga melihat faktor jumlah kematian meningkat 50% dalam kurun waktu yang sama. Kemudian angka proporsi kasus kejadian juga naik daripada periode sebelumnya.

BACA JUGA : Kronologi 3 Warga Semanu Meninggal Dunia karena Antraks, Berawal dari 4 Sapi Mati Mendadak

“Melihat peningkatan kasus antraks di Gunungkidul apabila mengacu permenkes sudah KLB sejak 2019 lalu. Dengan kata lain saat kasus antraks pertama itu muncul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Tremor Terus Terjadi di Gunung Ile Lewotolok

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement