Advertisement

Kader Muhammadiyah Tidak Boleh Kagetan dan Gumunan, Harus Mampu Imbangi Teknologi

Media Digital
Minggu, 16 Juli 2023 - 21:50 WIB
Sunartono
Kader Muhammadiyah Tidak Boleh Kagetan dan Gumunan, Harus Mampu Imbangi Teknologi Muscab Muhammadoyah, Aisyiyah, NasyiatuL Aisyiya Piyungan, Minggu (16/7/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menjadi kader Muhammadiyah, Aisyiyah dan Ortom tidak boleh kagetan dan gumunan dengan fenomena sosial yang kerap terjadi saat ini. Kemajuan teknologi dan era baru serba sosial media harus diimbangi dengan kemauan untuk belajar dan beradaptasi dengan modal dasar mental dan akhlak yang baik.

Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul Arba R Qomaru di hadapan ratusan kader Muhammadiyah, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah dan IPM Piyungan saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Bersama, Minggu (1/7/2023) di Kompleks SD Muhammadiyah Juara Karangploso Piyungan.

Advertisement

BACA JUGA : Ribuan Penggembira Muktamar Muhammadiyah Serbu Jogja

"Jadi kader Muhammadiyah jangan sampai malah kagetan atau gumunan melihat perkembangan zaman. Harus terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri beradaptasi adalah sebuah keharusan" kata Arba.

Dia berharap, pada Muscab Bersama ini akan dimunculkan kader yang tangguh dan memiliki wawasan kebangsaan, keumatan yang bisa dibanggakan. Setiap kader harus sudah membekali diri dengan kemampuan keberanian dan kemandirian. Sosok kader adalah tauladan bagi lingkungan dan berani mengambil resiko atas segala sesuatu yang dilakukan.

Qomaru mendukung pelaksanaan Muscab yang menggambarkan harapan dan tujuan yaitu Membumikan Risalah Islam untuk Piyungan yang Berkemajuan. "Tema ini sangat mendukung untuk kita semua peduli lingkungan dan masa depan daerah dan bangsa" ujarnya.

Panewu Piyungan HM Baried mengapresiasi dan berterima kasih karena Muhammadiyah dan ortomnya telah banyak memberikan kontribusi untuk Piyungan. Salah satunya lewat layanan ambulans yang dikelola LazizMu, hal ini telah membantu banyak warga. Lembaga pendidikan juga telah terbukti memberikan solusi pengentasan masalah kebodohan dan ketertinggalan ekonomi.

Panewu Piyungan ini juga berharap, mendekati tahun politik 2024, warga Muhammadiyah yang memiliki kedewasaan tidak boleh terpecah belah gara gara beda pilihan dalam politik. "Kita harus berani menjadi pemersatu, jangan mudah marah dan terpecah belah hanya gara gara beda pilihan. Jadilah perekat dan kesatuan bangsa" ucapnya.

Pada kesempatan akhir Musycab terpilih para Ketua dan Sekretaris periode 2022-2027. Pemilihan menggunakan teknologi dan aplikasi dengan komputer jinjing. Tertutup tetapi dapat langsung diketahui siapa siapa sosok kader terpilih. Pimpinan Cabang Muhammadiyah terpilih H Waston Nurhadi, S.Ti (ketua), H Abdul Haris S.IP.M.Ek (sekretaris). Untuk Pimpinan Cabang Aisyiyah Piyungan Hj Ovi Ratiana, S.Pd (ketua) dan Hj  Rina Fatmasari., S.T., S.Pd (sekretaris). Sementara untuk Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Piyungan Ima Nuzulia, S.Pd (ketua)  dan Arifah Nur Rahmah,.S.Pd (sekretaris).

BACA JUGA :Warga Muhammadiyah Mulai Gelar Takbiran

Waston Nurhadi ketua PCM Piyungan terpilih berharap para kader di Piyungan harus berani mengambil posisi sebagai tauladan di setiap lingkungan tempat tinggalnya. Kader yang bekerja di amal usaha Muhammadiyah di wilayah Piyungan khususnya harus memberikan dampak positif bagi kemajuan lingkungannya baik dalam bermasalah maupun dalam konsep ibadah. "Risalah Islam harus mampu dipraktekkan menjadi penyejuk dan pemecah setiap masalah dalam setiap hal kehidupan,” katanya.

Totok Sudarto dalam sambutan penutupan berharap bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan  dakwah harus mampu menjadi solusi atas setiap problematika yang di hadapi masyarakat dan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah SYL Senilai Rp4,5 Miliar di Makassar Disita KPK

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement