Advertisement

TPA Piyungan Dibuka Terbatas, Sampah Pariwisata Diprioritaskan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 03 Agustus 2023 - 17:47 WIB
Maya Herawati
TPA Piyungan Dibuka Terbatas, Sampah Pariwisata Diprioritaskan Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan atau TPA Piyungan Transisi Tahap I dibuka secara terbatas, sampah di kawasan wisata Kota Jogja diprioritaskan. 

“Ketika ada timbunan sampah pariwisata itu menjadi intensitas kami menanganinya, yang kami prioritas itu,” kata Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana saat ditemui di ruangannya, Kamis (3/8/2023). 

Advertisement

Tri menyampaikan sampah di kawasan wisata menjadi prioritas untuk diangkut ke TPA Piyungan. Menurut Tri, wisatawan yang datang ke Kota Jogja beragam, tidak hanya dari DIY, sehingga banyak yang tidak mengetahui kondisi darurat sampah di DIY. Sehingga menurut Tri, penanganan sampah di kawasan wisata Kota Jogja harus dilakukan oleh daerah terkait. 

“Karena mereka datang dari luar kota, dan tidak tahu kami darurat sampah dalam konteks pariwisata kami tidak bisa mensosialisasikan tentang itu, maka harus ada penanganan khusus terkait sampah pariwisata,” katanya. 

BACA JUGA: KPU Jogja Salah Cetak Pamflet Sosialisasi Parpol, Langsung Dimusnahkan

Dengan adanya pembatasan pembuangan sampah di TPA Piyungan Transisi Tahap I, menurutnya sampah di kawasan tersebut perlu menjadi prioritas. Karena sebagai destinasi wisata, kawasan wisata Kota Jogja perlu bersih dari timbunan sampah. 

“Kami akan sekuat tenaga bersama kota [menangani sampah] di tempat strategis, tempat wisata bersih dari sampah,” katanya. 

Dia juga mengapresiasi berbagai program penanganan sampah organik dan anorganik yang dilakukan Kota Jogja. “Gerakan sampah di kota sangat bagus, termasuk biopori, jugangan sementara dan sebagainya. Kami hargai upayakan masyarakat mengurangi timbunan sampah,” katanya. Selain itu juga bisa mengurangi pengiriman sampah ke TPA Piyungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SPS Gelar Dialog Media: Refleksi 25 Tahun Pasca Perpres Publisher Rights dan HUT SPS ke-78

News
| Jum'at, 20 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement