Advertisement

BPKH Tingkatkan Kapasitas Mitra Kemaslahatan dalam Mengelola Program

Media Digital
Kamis, 03 Agustus 2023 - 22:47 WIB
Lugas Subarkah
BPKH Tingkatkan Kapasitas Mitra Kemaslahatan dalam Mengelola Program Deputi Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH, Juni Supriyanto (kanan) membuka Bimtek Mitra Kemaslahatan BPKH, di Hotel Grand Mercure, Kamis (3/8/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

SLEMAN—Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berupaya meningkatkan kapasitas para mitra kemaslahatan dalam mengelola program. Salah satunya dilakukan dengan Bimtek yang digelar di Jogja, tepatnya di Hotel Grand Mercure, Kamis (3/8/2023).

Deputi Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH, Juni Supriyanto, mengatakan bimtek ini difokuskan pada materi project management. “BPKH ingin meningkatkan kapasitas SDM di mitra kemaaslahatan, yang tujuannya agar mitra kemaslahatan itu meningkat kemampuan, kapabilitas dan kompetensi SDM, sehingga membantu proses bisnis,” ujarnya.

Advertisement

Ada 12 mitra kemaslahatan yang dilibatkan dalam kegiatan ini, meliputi Lazismu, Lazisnu, Dompet Duafa, Rumah Zakat, DT Peduli, Solo Peduli, PPPA Daarul Quran, Daqu, BMN, BSI Maslahat, Las Ummul Quro dan Baznas.

“BPKH mengusung tujuan pengelolaan keuangan haji, salah satunya untuk meningkatkan kemaslahatan umat. Break down dari tujuan itu, kami memberikan bantuan kepada umat melalui program kemaslahatan,” katanya.

Kepala Divisi Registrasi Analisis Kemashlahatan BPKH, Agung Sri Hendarsa, menuturkan dalam program kemaslahatan, ada tujuh ruang lingkup, yakni pelayanan ibadah haji, pendidikan dan dakwah, kesehatan, sosial keagamaan, pemberdayaan ekonomi umat, sarana-prasarana ibadah dan tanggap bencana.

“Beberapa lingkup dalam kegiatan sosial itu seperti meng-handle proyek. Jadi kami ada proyek pengadaan barang. Contoh kalau pelayanan ibadah haji itu ada pengadaan mobil layanan jamaah haji, seperti yang baru-baru ini di Kemenag Bantul,” katanya.

Kemudian ia juga mencontohkan di lingkup pendidikan dan dakwah, ada program Pembangunan ruang kelas baru, Pembangunan asrama dan lainnya. “Pembangunan konstruksi itu otomatis di-handle project management, agar proyek bisa tepat sasaran, tepat guna dan tepat anggaran,” ungkapnya.

BACA JUGA: Malioboro Jadi Jalur Pedestrian, Ini Gedung dan Bangunan yang Hilang

Kepala Unit Kerja Kemaslahatan NU Care, Lazisnu, Gus Luthfi, mengatakan Lazisnu sudah bermitra dengan BPKH sejak 2020 untuk mendistribusikan bantuan nilai manfaat dana abadi umat yang dikelola oleh BPKH. “Yang terbanyak di tahun 2021 sebanyak Rp80 miliar,” katanya.

Selama bermitra, Lazisnu sudah menjalankan sekitar 200 program, berupa Pembangunan konstruksi untuk pesantren dan sekolah, Pembangunan masjid di berbagai wilayah termasuk di pedalaman dan daerah tertinggal seperti Papua, Ambon, Maluku dan sebagainya.

“Termasuk beasiswa pendidikan, tahun lalu kami bekerja sama karena Nahdlatul Ulama memiliki background pendidikan juga, termasuk bersama Muhammadiah, mendapat kepercayaan memberikan beasiswa di Universitas Nahdlatul Ulama di Jakarta,” ungkapnya.

Berbagai pengadaan juga telah dilakukan mulai dari laboratorium komputer, alat kesehatan, kitab, kebutuhan para santri, hingga pupuk untuk petani. “NU Care mempunyai program Pesantren Hijau, yang kita harapkan punya peran penting dalam memenuhi keperluan SDGs [Sustainable Development Goals]” kata dia.

Program kemaslahatan yang digulirkan melalui para mitra ini bersumber dari dana abadi umat yang dikelola BPKH dan tidak berkaitand engan setoran dana haji. Adapun dana abadi umat bersumber dari sisa pelaksanaan ibadah haji sebelum kehadiran BPKH. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1,4 Miliar Penduduk India Terancam Cuaca Panas Ekstrem

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement