Advertisement

Tinggal Menunggu Pengumuman, Ini Calon Komisioner KPU Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 08 Oktober 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Tinggal Menunggu Pengumuman, Ini Calon Komisioner KPU Gunungkidul Ilustrasi caleg / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tahapan seleksi untuk pengisian komisioner KPU Gunungkidul periode 2023-2028 sudah selesai. Adapun yang terpilih masih menunggu pengumuman dari KPU RI.

Berdasarkan Pengumuman dari Tim Seleksi Nomo:4/TIMSELKK-GEL.6-Pu/04/34/2023 tentang Hasil Seleksi Calon KPU Kabupaten/Kota di DIY Periode 2023-2028 terdapat sepuluh nama yang menjadi kandidat. Adapun rinciannya terdiri dari tiga calon petahana di antaranya Asih Nuryanti; Rohmad Qomarudin dan Supami.

Advertisement

BACA JUGA : 9 Partai Politik Ajukan Pergantian Bakal Caleg ke KPU Gunungkidul

Kandidat lainnya ada Anggota Panwaslu di Kapanewon Panggang, Antok; Anggota PPK Saptosari, Eko Andang Darmawan; Anggota Panwaslu Kapanewon Saptosari, Niyati. Selain itu, ada Irwan Budisusanto, Mugi Hartana, Deni Tri Utomo dan mantan Anggota Bawaslu Gunungkidul, Sudarmanto.

Meski demikian, untuk bakal calon Mugi Hartana dan Deni Tri Utomo memilih mengundurkan diri dikarenakan terpilih sebagai anggota Bawaslu Gunungkidul. Anggota KPU DIY, M Zaenuri Ikhsan mengatakan, untuk seleksi akhir calon KPU Gunungkidul periode 2023-2028 harusnya diikuti sepuluh orang. Namun terdapat dua orang yang mengundurkan diri sehingga tes uji kelayakan dan kepatutan hanya diikuti delapan kandidat.

“Tesnya sudah selesai dan hasilnya sudah dikirim ke KPU RI pada Jumat [6/10/2023],” katanya, Minggu (8/10/2023).

Iksan menjelaskan, untuk pemilihan komisioner baru merupakan wewenang dari KPU RI. Adapun tim seleksi maupun anggota KPU DIY hanya sebatas melaksanakan tahapan seleksi dan membantu memberikan nilai atas integritas dan indepedensi, serta pengetahuan tentang kepemiluan, kepemimpinan hingga kemampuan berkomunikasi.

“Nanti ada pleno KPU RI untuk menetapkan siapa yang terpilih menjadi komisioner baru,” katanya.

Menurut dia, pengisian komisioner baru tidak hanya dilakukan di Gunungkidul. Pasalnya, seleksi pengisian juga dilakukan di tiga kabupaten dan satu kota madya di DIY.

BACA JUGA : Jabatan Anggota KPU Gunungkidul Berakhir Bulan Ini

“Jadi serentak di seluruh DIY. Untuk pengumuman hasil mungkin dilaksanakan antara 19-22 Oktober 2023,” katanya.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, masa jabatan anggota KPU Gunungkidul periode 2018-2023 akan berakhir pada 23 Oktober 2023. Menurut dia, sudah ada seleksi untuk pengisian komisoner baru yang ditangani oleh KPU DIY.

Meski masa kerja sudah habis, Hani mengakui masih terus melaksanakan ketugasan untuk mengurusi tahapan pemilu. “Ini masih tahapan pencalegan dan nantinya untuk penetapan Daftar Calon Tetap dilaksanakan komisoner baru pada 3 November 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement