Advertisement

Perbedaan Stasiun Tugu dan Lempuyangan, Mana Lebih Dahulu Dibangun?

Sunartono
Senin, 09 Oktober 2023 - 21:27 WIB
Sunartono
Perbedaan Stasiun Tugu dan Lempuyangan, Mana Lebih Dahulu Dibangun? Penumpang akan menaiki KA Bandara yang berangkat dari Stasiun Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo ke Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja memiliki dua stasiun yang menjadi pemberhentian kereta api (KA) untuk relasi menghubungkan antar kota di Pulau Jawa. Dua stasiun ini adalah Lempuyangan dan Tugu. Meski demikian kedua stasiun ini memiliki perbedaan, baik dari sisi sejarah maupun substansi operasionalnya.

Sejarah

Advertisement

Berdasarkan situs resmi Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Jogja, medio 1872 jalur kereta api sudah sampai di Jogja, dengan stasiun Lempuyangan sebagai tempat pemberhentian kereta api. Dengan demikian Lempuyangan menjadi stasiun pertama di Kota Jogja yang dibuka dan diresmikan pada tanggal 2 Maret 1882. Peresmian stasiun ini sekaligus menandakan masuknya kereta api pertama kali di kota Jogja.

BACA JUGA : Mengenal Kereta Jenazah Hoo Hap Hwee

Barulah tahun perusahaan kereta api milik Belanda, Staats Spoorwegen kemudian membangun stasiun di sebelah barat Stasiun Lempuyangan, yaitu Stasiun Tugu. Stasiun Tugu mulai dibuka pada tahun 12 Mei 1887. Tujuan awal dibangunnya stasiun Tugu adalah untuk kebutuhan pengangkutan hasil bumi dari daerah Jawa Tengah dan sekitarnya yang menghubungkan Jogja, Solo dan Semarang.

Pada awalnya stasiun Tugu difungsikan sebagai rute persinggahan pengangkutan barang. Akan tetapi pada 1905 mulai melayani kereta penumpang. Pada masa kolonial Belanda digunakan oleh para pembesar Belanda sebagai perantara persinggahan dari perjalanan kereta api ke perjalanan darat. Sedangkan pada masa perjuangan kemerdekaan dan perang melawan penjajah stasiun Tugu memiliki peran sebagaii tempat pemberangkatan dan kedatangan pasukan pejuang kemerdekaan.

Operasionalisasi

Sampai saat ini kedua stasiun kereta api ini masih aktif dan menjadi pemberhentian kereta-kereta. Akan tetapi ada sejumlah perbedaan. Pada Stasiun Tugu lebih banyak untuk permberhentikan kereta api eksekutif san bisnis, sedangkan Stasiun Tugu untuk permberhentian kereta api ekonomi.

Sehingga masyarakat yang akan menggunakan kereta api khusus untuk kelas eksekutif dan bisnis mereka naik dari Tugu, sedangkan yang menggunakan kelas ekonomi cukup di Lempuyangan.

BACA JUGA : Stasiun Tugu Bagian Memori Rindu di Jogja

Kedua stasiun ini memiliki kode berbeda, Stasiun Tugu dengan kode YK atau Yogyakarta, adapun Stasiun Lempuyangan dengan kode LPN atau Lempuyangan. Kode tersebut biasanya digunakan untuk memesan tiket kereta api secara online.

Jarak antara kedua stasiun ini diperkirakan sekitar 2,2 kilometer. Stasiun Lempuyangan berada di wilayah Kecamatan Danurejan dan Tugu di Kecamatan Gedongtengen. Dari arah mata angin, Tugu berada di barat dan Lempuyangan berada di timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menhub Budi Karya Sebut Pembangunan Infrastruktur Transportasi Meningkat Selama 10 Tahun Terakhir

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement