Advertisement

Kembangkan Tanaman Herbal, Petani Gunungkidul Mendapat Bantuan Puluhan Ton Benih Kunyit

David Kurniawan
Jum'at, 20 Oktober 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kembangkan Tanaman Herbal, Petani Gunungkidul Mendapat Bantuan Puluhan Ton Benih Kunyit Ilustrasi kunyit - ist/liversupport

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul memberikan bantuan benih kunyit sebanyak 30 ton kepada kelompok tani di Bumi Handayani. Diharapkan program ini bisa meningkatkan produktivitas tanaman herbal di Masyarakat.

Koordinator Sarpras Tanaman Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Eni Wijayanah mengatakan, persiapan musim hujan tidak hanya untuk optimilsasi tanaman pangan. Namun demikian, ada juga program pengembangan budidaya tanaman herbal ke petani.

Advertisement

Salah stu program yang dijalankan dengan memberikan bantuan benih kunyit ke kelompok tani. Total bantuan yang diberikan tahun ini sebanyak 30 ton.

BACA JUGA: Terbaru dari Sleman! Buka Peluang Usaha Tani Organik Berbasis Kawasan

Bantuan disalurkan ke enam kelompok tani di Kapanewon Wonosari, Patuk, Playen dan Girisubo. Ditargetkan setiap kelompok dapat mengembangkan tanaman herbal jenis kunyit dengan luasan mencapai lima hektare.

“Sudah disalurkan dan harapannya setelah hujan turun, bisa langsung ditanam,” kata Eni kepada wartawan, Kamis (19/10/2023).

Menurut dia, untuk penanaman tidak membutuhkan tempat khusus. Pasalnya, benih kunyit dapat ditanam dengan model tumpeng sari atau ditanam di bawah tegakan tanaman keras seperti jati dan lainnya.

Selain itu, budidaya juga dapat memanfaatkan di sekitaran area perkarangan rumah. “Dengan memanfaatkan area perkarangan rumah, maka bisa lebih produktif dan menjadi tabungan karena bisa menjadi tambahan penghasilan saat dipanen,” katanya.

BACA JUGA: Wilayah Selatan Garut Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,4, Ini Penjelasan BMKG

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono. Menurut dia, tanaman kunyit memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sebagai tanaman herbal, juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan.

Selain bisa meningkatan ketahanan tubuh, kunyit juga sangat cocok untuk Kesehatan pencernaan. Ia berharap budidaya kunyit yang dikembangkan petani bisa berhasil sehingga menambah pendapatan yang dimiliki.

“Tentunya agar panen bagus, nantinya tanaman kunyit juga harus dirawat dengan baik,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
DPRD Sleman Studi Tiru Ke Denpasar Bali

DPRD Sleman Studi Tiru Ke Denpasar Bali

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Balas Serangan Roket Hamas yang Tewaskan 3 Tentara, Israel Bombardir Rafah

News
| Senin, 06 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement