Advertisement

395 Tangki Air Bersih Tersalurkan ke Terdampak Kekeringan di Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 08 November 2023 - 18:47 WIB
Maya Herawati
395 Tangki Air Bersih Tersalurkan ke Terdampak Kekeringan di Bantul BPBD Distribusi air bersih kepada warga terdampak kekeringan. - Antara - HO/Dokumen Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat sudah menyalurkan 395 tangki air bersih ke beberapa kalurahan sampai Minggu (5/11/2023) lalu.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Peralatan BPBD Bantul Antoni Hutagaol menuturkan dari 395 tangki air bersih itu, sebanyak 302 tangki merupakan donasi dana sosial perusahaan dan 93 tangki air bersih dari anggaran daerah.

Advertisement

“Total ada 150 tangki air bersih yang disiapkan dari anggaran daerah. Untuk anggarannya, total ada Rp22,6 juta guna menyediakan air bersih selama musim kemarau ini,” ungkapnya, Selasa (7/11/2023).

Antoni mengapresiasi tingginya donasi air bersih yang diberikan sejumlah perusahaan. Mekanisme pemberian bantuan air bersih bantuan non-pemerintah telah dikoordinasikan dengan BPBD.

Selama pemberian bantuan bantuan tersebut, CSR dapat memberikan bantuan sekitar Rp200.000 per tangki. Untuk saat ini, BPBD masih menerima permintaan penyaluran air bersih dari sejumlah kalurahan yang mengalami kekeringan.

“Permintaan sampai saat ini masih bertambah terus, sepertinya masih pengaruh hujan yang kecil sekali untuk ketersediaan air tanah [mencukupi]. Diperkirakan Desember sudah rata [hujannya]. Januari-Februari [diperkirakan] hujan deras,” katanya.

BACA JUGA: Libur Akhir Tahun, Keamanan Wahana Wisata Berisiko Tinggi di DIY Bakal Dicek

Beberapa kalurahan yang rutin disalurkan air bersih antara lain Terong dan Jatimulyo di Kapanewon Dlingo serta Bangunjiwo di Kasihan. Dalam tiga kalurahan itu, BPBD Bantul dapat mengirimkan sekitar 2-3 kali per pekan dengan pengiriman sekitar lima hingga enam tangki per pengiriman.

Di daerah itu kekeringannya tergolong luar biasa. Antoni berharap bantuan air bersih yang telah disalurkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga terdampak kekeringan.

Dia pun mengimbau agar masyarakat yang kekurangan air bersih dapat mengajukan permintaan penyaluran air bersih ke BPBD.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement