Advertisement

Kalurahan Candibinangun Digeledah Kejati Terkait Mafia Tanah Kas Desa, Begini Respons Sultan Jogja

Yosef Leon
Selasa, 14 November 2023 - 13:27 WIB
Sunartono
Kalurahan Candibinangun Digeledah Kejati Terkait Mafia Tanah Kas Desa, Begini Respons Sultan Jogja Sri Sultan HB X / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X buka suara soal penggeledahan kantor Kalurahan Candibinangun oleh tim penyidik Kejati DIY pada Senin (13/11/2023) kemarin. Sultan menyebutkan proses hukum terhadap penyalahgunaan atuh dan kewenangan harus terus dijalankan demi mencari bukti baru. 

"Itu kan cari bukti tambahan aja, jadi wewenangnya kejaksaan," kata Sultan ditemui di Kompleks Kepatihan, Selasa (14/11/2023). 

Advertisement

BACA JUGA : Kasus Mafia Tanah Kas Desa, Kejati Sita 5 Ponsel Perangkat Kalurahan Candibinangun

Sebelumnya, penyidik Kejati DIY melakukan penggeledahan di kantor Kelurahan Candibinangun, Sleman pada Senin (13/11/2023). Penggeledehan ini diduga berkaitan dengan kasus Penyalahgunaan tanah kas desa (TKD). 

Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY, Herwatan mengatakan, dalam penggeledahan itu dilakukan penyitaan sejumlah barang bukti dari Kantor Kalurahan Candibinangun Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman. "Kasusnya berkaitan dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi mafia tanah pemanfaatan TKD Candibinangun Kabupaten Sleman," ucapnya. 

Penggeledahan dilakukan di ruang kerja Lurah, Pangripto, Carik, Tata Laksana, Jogoboyo dan Danarto. Penggeledahan yang dilakukan tim penyidik Kejati DIY itu berhasil membawa lima unit HP, tiga unit hard disk, tiga unit laptop dan beberapa dokumen.

BACA JUGA : Mafia Tanah Kas Desa: Kronologi Penetapan Tersangka Lurah Maguwoharjo Kasidi dan Lemas di Kantor Kejati DIY

"Penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan tim penyidik Kejati DIY sebagai upaya untuk menguatkan alat bukti permulaan yang cukup adanya dugaan keras telah terjadi tindak pidana korupsi mafia tanah pemanfaatan TKD Candibinangun Kabupaten Sleman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggota KKB Papua Lupa Waker Ditangkap

News
| Senin, 20 Mei 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement