Advertisement

Poncosari Dapat Bantuan Rp750 Juta dari Program Desa Maritim

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 14 Desember 2023 - 16:57 WIB
Ujang Hasanudin
Poncosari Dapat Bantuan Rp750 Juta dari Program Desa Maritim Ilustrasi uang rupiah / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul akan mendapatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa Maritim mencapai Rp750 juta tahun 2024. Alokasi pendanaan tersebut untuk pemberdayaan dan peningkatan potensi masyarakat di wilayah pesisir berbasis budaya bahari.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Perikanan Tangkap dan Pemberdayaan Nelayan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul, Pramahdiansyah menyampaikan dana tersebut akan digunakan Kalurahan Poncosari untuk budidaya lele tebar tinggi.

Advertisement

Dia menyampaikan BKK Desa Maritim dialokasikan untuk mengangkat potensi sektor kelautan dan perikanan di tingkat kalurahan. Dengan alokasi dana tersebut, diharapkan dapat bermanfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat pesisir.

“BKK Desa Maritim itu diatur dalam Juknis. Juknisnya itu mengatur jenis kegiatan yang bisa difasilitasi dengan BKK Maritim [yaitu] perikanan tangkap, budidaya, pengelolaan, pemasaran, dan konservasi,” katanya melalui telepon, Kamis (14/12/2023). 

Selain itu pembelian alat budidaya perikanan, dan pakan ikan budidaya juga dapat menggunakan BKK Desa Maritim tersebut. Dia menyampaikan BKK Desa Maritim akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Poncosari dalam menyediakan aset produksi. Dia menyampaikan kegiatan tersebut diharapkan dapat berdampak pada peningkatan perekonomian berkelanjutan bagi warga setempat. 

BACA JUGA: Kalurahan Tirtohargo Bantul Dikukuhkan sebagai Desa Maritim, Ini Keunggulannya

Sementara Ulu-Ulu Kalurahan Poncosari Rian Wijayanto menyampaikan sebelumnya warga Padukuhan Polosiyo Gunturgeni, Poncosari, Srandakan, Bantul telah mendirikan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Patil Berkah Jaya tahun 2019. Kelompok ini berhasil membudidayakan lele dengan metode padat tebar. Rencananya metode tersebut akan digunakan untuk budidaya lele dengan anggaran BKK Desa  Maritim. 

“Kita nanti sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya [RAB] pengajuan kemarin kita mendapatkan Rp750 juta kita akan pergunakan untuk pembuatan kolam dengan asumsi 30 unit kolam,” katanya.

Dia menyampaikan dengan dana tersebut akan digunakan juga untuk pembuatan pendopo untuk pusat kegiatan warga dan gudang. Budidaya lele tersebut akan dilakukan di Tanah Kas Desa (TKD) Poncosari seluas sekitar 2.500 meter. 

Beberapa tenaga kerja budidaya lele tersebut akan diambil dari warga setempat. Menurut dia, budidaya lele tersebut dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus penyerapan lapangan pekerjaan. (Stefani Yulindriani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement