Advertisement

Logistik Pemilu Rusak, KPU Gunungkidul Langsung Minta Ganti

David Kurniawan
Minggu, 17 Desember 2023 - 12:27 WIB
Ujang Hasanudin
Logistik Pemilu Rusak, KPU Gunungkidul Langsung Minta Ganti Sejumlah pekerja sedang menurunkan bilik suara untuk disimpan di Gudang milik KPU Gunungkidul. Foto diambil 27 Oktober 2023. - Harian Jogja / David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—KPU Gunungkidul memastikan logistik untuk Pemilu 2024 aman dan terlindungi dari potensi kerusakan. Selain memastikan Gudang berfungsi dengan baik, juga ada upaya pengecekan sebelum disimpan.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan, logistik untuk Pemilu 2024 sudah mulai dikirim sejak akhir Oktober lalu. Meski demikian, hingga sekarang belum semua kebutuhan untuk penyelenggaraan pemilihan dikirim.

Advertisement

“Memang bertahap dan sekarang masih menunggu kedatangan logistik lainnya,” kata Asih, Minggu (17/12/2023).

Dia menjelaskan, untuk logistik yang dikirim masih seputaran kelengkapan di tempat pemungutan suara (TPS). Beberapa yang sudah dikirim mulai dari bilik suara, kotak, suara, alat pencoblosan, bantalan hingga tinta.

Disinggung mengenai surat suara, Asih mengakui proses masih menunggu pencetakan dari KPU RI. Adapun desain surat suara sudah dikirimkan sejak awal November lalu.

“Pasca-penetapan Daftar Calon Tetap anggota DPRD Gunungkidul, langsung ada koordinasi dengan KPU RI terkait dengan percetakan. Sekarang, kami masih menunggu pencetakan maupun pengirimannya,” kata Asih.

BACA JUGA: 177 Lokasi TPS di Gunungkidul Tanpa Jaringan Internet, KPU Cek ke Diskominfo

Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik, Sekretariat KPU Gunungkidul, Harry Prasetiyo mengatakan untuk Gudang penyimpanan tidak ada masalah. Ada tiga Gudang yang dipersiapkan, namun yang terpakai baru Gudang di KPU Gunungkidul.

“Untuk Gudang di Playen dan Semanu belum dipergunakan karena nantinya dipergunakan menyimpan logistic pemilihan sebelum disalurkan ke masing-masing TPS,” katanya.

Tiyok memastikan Gudang penyimpanan aman. Pasalnya, sebelum dipergunakan sudah diberikan lambaran kayu palet dan disemprot dengan cairan anti jamur dan rayap.

“Semua aman dan beberapa waktu lalu sempat terjadi hujan deras dan kondisi Gudang aman dari bocor sehingga logistic tersimpan dengan baik,” katanya.

Meski demikian, ia tidak menampik pada saat pengiriman sempat ada yang rusak. Dia mencontohkan, pada saat pengiriman kotak suara sempat ada yang plastik pembungkus rusak sehingga ada sedikit robek.

“Sebelum disimpan, kami teliti dulu dan kalau ada kerusakan langsung diminta pengganti. Sama halnya saat pengiriman kotak ada yang sedikit rusak dan langsung minta pengganti, besoknya langsung dikirim yang baru,” katanya.

Menurut dia, untuk pengamanan tidak hanya memasang CCTV di Gudang, tapi juga ada koordinasi dengan Polres Gunungkidul. “Setiap harinya ada petugas dari kepolisian yang berjaga di kantor KPU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelatih Shin Tae-yong Diusulkan Dapat Gelar Kehormatan Warga Negara Indonesia

News
| Minggu, 28 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement