Advertisement

Awas Terjebak Macet, Diprediksi Ada 200.000 Kendaraan Masuk ke Sleman saat Malam Tahun Baru

David Kurniawan
Rabu, 27 Desember 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Awas Terjebak Macet, Diprediksi Ada 200.000 Kendaraan Masuk ke Sleman saat Malam Tahun Baru Ilustrasi kemacetan - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman memprediksi ada sekitar 200.000 kendaraan yang bakal masuk Sleman saat malam pergantian tahun. Sejumlah ruas jalan diperkirakan mengalmai kemacetan karena peningkatan aktivitas ini.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dishub Sleman, Marjana mengatakan lonjakan arus kendaraan sudah terlihat saat libur Natal. Meski demikian, saat perayaan malam Tahun Baru diperdiksi jumlahnya akan meningkat dua kali lipat yang masuk ke Sleman.

Advertisement

“Libur natal di kisaran 100.000 kendaraan yang masuk ke Sleman. Sedangkan untuk malam Tahun Baru diprediksi bisa mencapai 200.000 kendaraan,” kata Marjana, Rabu (27/12/2023).

Menurut dia, dengan adanya peningkatan kendaraan yang masuk, maka sejumlah ruas jalan diperkirakan akan terjadi kepadatan atau mungkin kemacetan. Titik-titik rawan ini meliputi Jalan Jogja Solo mulai dari Prambanan hingga Janti.

Selain itu, ada ruas Tempel menuju Kota Jogja dan ring road. Jalur-jalur ke objek wisata seperti Kaliurang juga mengalami peningkatan saat perayaan malam Tahun Baru. “Di Prambanan dan Kaliurang ada event malam perayaan, jadi kami memprediksi yang masuk bisa mencapai 200.000 kendaraan,” katanya.

Marjana mengakui sudah menyiapkan antisipasi adanya lonjakan arus kendaraan. Salah satunya berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penyiapan rekayasa arus lalu lintas.

Rencananya juga ada penutupan jalur u-turn atau ruas balik arah di jalan-jalan utama. Penutupan dilakukan untuk mengurangi risiko kemacetan dikarenakan adanya kendaraan yang putar balik. “Kami akan terus berupaya agar arus lalu lintas tetap lancar, meski ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk,” katanya.

BACA JUGA: BNN Kota Jogja Waspadai Peredaran Narkotika Selama Perayaan Malam Tahun Baru

Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto mengatakan, libur akhir tahun ini mematok target sebanyak 250.000-300.000 pengunjung. Diharapkan adanya kunjungan ini bisa meningkatkan pendapatan asli daerah yang dimiliki kabupaten. “Mudah-mudahan dengan target ini [libur akhir tahun] ada perputaran uang hingga Rp994,5 miliar,” katanya.

Menurut dia, hingga 25 Desember 2023, kunjungan yang masuk sebanyak 272.272 orang. Prosentase penyebarannya, di Taman Wisata Candi (TWC) ada 128.781 orang, Tebing Breksi ada 33.252 pengunjung dan Kaliurang sebanyak 30.451 orang. “Secara akumulasi kunjungan sudah mencapai 7.236.197 orang. Jadi, target kunjungan wisata di tahun ini sebanyak tujuh juta orang telah terlampaui,” kata Kus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement