Advertisement

KPU Jogja Mengerahkan 150 Orang untuk Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Lugas Subarkah
Kamis, 04 Januari 2024 - 15:17 WIB
Maya Herawati
KPU Jogja Mengerahkan 150 Orang untuk Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024 Sejumlah tenaga sortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 mulai bekerja di gudang logistik KPU Kota Jogja, Kamis (4/1/2024). Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU Jogja mulai melaksanakan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024, di gudang logistik KPU Kota Jogja, Kamis (4/1/2024). Sebanyak 150 tenaga kerja dilibatkan dalam proses yang berlangsung selama tiga hari ini.

Ketua KPU Kota Jogja, Noor Harsya Aryosamodro, menjelaskan pelipatan surat suara berlangsung selama tiga hari, Kamis sampai Sabtu (4-6/1/2024). “Kami sudah merekrut tenaga sortir-lipat 150 orang yang menjadi tenaga sortir lipat kami selama kurang-lebih tiga hari,” ujarnya.

Advertisement

Surat suara yang disortir dan dilipat ini merupakan baru surat suara yang sudah tiba, yakni untuk capres-cawapres, sebanyak 321.645 surat suara ditambah surat suara cadangan sebanyak 2%. Proses pelipatan dilakukan di gudang logistik KPU Kota Jogja di Jalan Pramuka, Prenggan, Kotagede.

Untuk soritir lipat surat suara lainnya yakni DPD, DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Kota Jogja masih menunggu dari rekanan KPU Kota Jogja yang direncanakan tiba pada Minggu (14/1/2024). “Tapi ketika produksinya bisa selesai maju biasanya kami diberi informasi pengirimannya lebih cepat,” kata dia.

Sekretaris KPU Kota Jogja, Sri Mulyani, mengatakan dari 150 tenaga sortir lipat ini, belum ada yang dari golongan difabel karena memang tidak ada yang mendaftar. “Kebetulan kemarin waktu kami mengumumkan belum ada yang mendaftar, nanti kita akan cari kalau memang ada,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sepekan ke Depan DIY Diprediksi Dilanda Cuaca Ekstrem, Ini Pemicunya

Dari total surat suara yang tiba di gudang logistik KPU Kota Jogja, ia mengakui memang ada beberapa yang rusak, namun jumlahnya sangat kecil. “Ada kerusakan tapi masih sangat kecil persentasenya. Sejauh ini dalam proses ini,” katanya.

Untuk sortir lipat surat suara DPD, DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Kota Jogja, kemungkinan diperlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Maka KPU Kota Jogja berencana menambah jumlah tenaga sortir lipat surat suara Pemilu 2024. “Nanti kami akan meningkatkan jumlah petugas sortir lipatnya,” katanya.

Untuk memastikan keamanan surat suara selama proses sortir lipat, KPU Kota Jogja mengawasi secara ketat, baik dari internal KPU maupun melibatkan kepolisian yang selalu stand by di lokasi. “Untuk proses sortirnya, tidak boleh bawa makanan dan minuman, karena kalau tumpah bisa rusak surat suaranya. Dilarang membawa benda tajam yang bisa merusak surat suara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sah! Putin Dilantik Jadi Presiden Rusia 5 Periode Berturut-turut

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement