Advertisement

Pendaftaran Calon Sekda Sleman, 2 Orang Sudah Mendaftar

David Kurniawan
Rabu, 24 Januari 2024 - 18:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pendaftaran Calon Sekda Sleman, 2 Orang Sudah Mendaftar ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pendaftaran calon Sekda Sleman terbuka bagi pegawai di lingkup Pemkab maupun luar daerah. Meski demikian, ada harapan calon terpilih benar-benar sosok yang memiliki banyak kompetensi.

Harapan ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Rabu (24/1/2024). Menurut dia, Sekda merupakan jabatan yang sangat strategis karena diharapkan bisa menjadi penggerak dalam struktur organisasi di lingkungan Pemerintah.

Advertisement

“Sekda mengatur semuanya sehingga harus benar-benar kompetensinya, kepintaran, skill dan cara menjalin komunikasi, semua harus dapat,” kata Danang.

Menurut dia, untuk persyaratan sudah tertuang dalam pengumuman pendaftaran. Salah satu syarat yang dipenuhi setidaknya telah menduduki jabatan setingkat eselon II di tempat yang berbeda.

“Kalau berdasarkan syarat ini ada tujuh atau delapan pegawai di lingkup di Pemkab Sleman yang bisa mengikuti tes calon sekda,” katanya.

Baca Juga

Rekrutmen Lowongan Sekda Sleman Masih Sepi Peminat

Sekda Sleman: Investasi Bertumbuh Diikuti Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Meningkat

Harda Kiswaya Masuki Masa Pensiun, Pemkab Sleman Buka Pendaftaran Sekda Baru

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan lowongan sekda terbuka bagi siapa saja yang telah memenuhi persyaratan. Ia pun mempersilahkan kepada pegawai yang ingin ikut seleksi agar segera mendaftar.

“Semua bisa mendaftar, bebas. Semakin banyak, malah semakin bagus,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan hingga hari kesepuluh pendaftaran sudah ada dua pelamar yang menyerahkan berkas pendaftaran. Meski demikian, ia belum mau mengungkap siapa saja yang telah mendaftar. “Nanti ada pengumumannya,” kata Pramono.

Dia menjelaskan sesuai dengan persyaratan paling sedikit ada empat pendaftar untuk calon sekda. Menurutnya, apabila jumlah pendaftar kurang dari ketentuan, maka harus melalui proses perpanjangan pendaftaran.

“Mudah-mudahan tidak ada. Seperti pelaksanaan seleksi terbuka lainnya, biasanya pendaftar akan meningkat saat jelang penutupan. Jadi, ditunggu sampai 29 Januari mendatang,” katanya.

Menurut Pramono, sebelum pendaftaran dibuka, bupati sudah membuat pansel untuk mengisi kekosongan jabatan sekda mulai 1 Februari 2024. Pansel terdiri dari lima orang dan diketuai oleh Sekda DIY, Beny Suharsono.

“Lainnya ada Kepala Badan Kepegawaian Daerah [BKD] DIY, Amin Purwani. Kemudian ada Prof Purwo Santoso, Prof Anik Gufron dan Pak Hempri,” ungkapnya.

Dia menambahkan lelang jabatan sekda sudah diumumkan di web resmi milik Pemkab Sleman. Untuk bisa terpilih, para pelamar harus melalui beberapa tahapan tes. Selain seleksi administrasi terhadap berkas pendaftaran, juga ada uji kompetensi dan asesmen kepada peserta yang lolos. “Tentunya juga ada tes Kesehatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement