Advertisement

Pascaplafon Ambruk, Siswa SDN Terban Bantul Belajar Tanpa Plafon

Jumali
Jum'at, 26 Januari 2024 - 12:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pascaplafon Ambruk, Siswa SDN Terban Bantul Belajar Tanpa Plafon Petugas mengevakuasi ruang SDN Terban pada Jumat (19/1 - 2024). Istimewa Polres Bantul\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Sebanyak 67 siswa di SDN Terban, Padukuhan Cangkring, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul mengikuti pembelajaran di sekolahnya tanpa plafon atap.

Hal ini menyusul keputusan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul yang meruntuhkan semua plafon di sekolah tersebut. Peruntuhan plafon itu dilakukan untuk mencegah kembali jatuhnya korban akibat plafon runtuh di sekolah tersebut. Sebab, pada Jumat (19/1/2024) lalu, ada tiga anak kelas IV SDN Terban, mengalami luka ringan menyusul ambrolnya plafon di tempat tersebut.

Advertisement

“Jadi memang kami minta runtuhkan semua plafonnya. Kami tidak ingin ambil risiko jika ada siswa yang kembali tertimpa plafon di sekolah tersebut,” kata Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko, Jumat (26/1/2024).

Lebih lanjut Isdarmoko mengungkapkan pertimbangan lain yang membuat pihaknya memutuskan meruntuhkan semua plafon di sekolah tersebut adalah karena usia dari bangunan sekolah. Di mana, sejak SDN Terban dibangun pada 2007, belum pernah ada renovasi. Sehingga jika plafon di satu ruangan dibenahi, ada potensi plafon di ruangan lainnya ambrol.

“Sehingga semua sudah diruntuhkan [plafonnya], justru nanti aman. Sambil nanyi kami upayakan gunakan BTT [Biaya Tak Terduga]. Jika tidak akan kami usahakan dilakukan renov pada 2025. Yang jelas sekarang aman tidak ada risiki plafon ambrol di tempat tersebut,” papar Isdarmoko.

Baca Juga

Atap Sekolah Ambruk di Gunungkidul, Kontraktor Dihukum 14 Bulan

Kesaksian Guru: Atap Sekolah di Gunungkidul Ambruk Saat Siswa Menghafal Al-Qur'an

Atap Ruangan Ambrol, Siswa SDN Candibaru 1 Gunungkidul Terpaksa Belajar di Musala

Karena semua plafon di SD tersebut saat ini telah dicopot, menurut Isdarmoko, saat ini siswa sudah mulai mengikuti pembelajaran di sekolah tersebut tanpa keberadaan plafon di atasnya.

“Tapi kan tetap ada penutup atap. Kuda-kudanya juga tetap ada. Kami tetap usahakan untuk bisa dilakukan rehap untuk atapnya melalui BTT. Tapi kan sepertinya sudah tidak memungkinkan. Jadi opsinya kami ajukan juga di 2025,” ungkap Isdarmoko.

Isdarmoko mengaku belum bisa menyebut berapa anggaran yang dibutuhkan untuk renovasi atap baik plafon hingga kuda-kuda untuk SD tersebut. Sebab, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan biaya rehap untuk SDN Terban.

“Konsultan perencana sedang hitung. Nanti Maret akan kami ajukan untuk APBD 2025. Jadi masuknya rehap sedang. Selain SD itu, sejumlah sekolah juga akan ajukan untuk dapat rehap,” imbuh Isdarmoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement