Advertisement

17 Ribu Hektare Lahan Jagung di Gunungkidul Digelontor Bantuan Benih

Triyo Handoko
Rabu, 31 Januari 2024 - 17:27 WIB
Arief Junianto
17 Ribu Hektare Lahan Jagung di Gunungkidul Digelontor Bantuan Benih Ilustrasi pertanian jagung. - Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Produksi jagung di Gunungkidul rata-rata per tahun mencapai 276.000 ton. Pertanian jagung di Bumi Handayani ini memanfaatkan lahan seluas 55.000 hektar.

Data Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul menyebut produksi jagung di wilayahnya rata-rata 4,9 ton untuk tiap hektare. Hasil produksi jagung tersebut akan terus digenjot untuk memenuhi kebutuhan Bumi Handayani.

Advertisement

Kepala DPP Gunungkidul Rismiyadi menjelaskan hasil produksi jagung di wilayahnya itu masih dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lokal. "Sejauh ini untuk memenuhi kebutuhan di Gunungkidul sendiri karena kebutuhan di sini juga tinggi," ujarnya, Rabu (31/1/2023).

Rismiyadi bahkan menyebut produksi 276.000 ton jagung ini belum mencukupi kebutuhan di Gunungkidul. "Sehingga memang perlu terus ditingkatkan produksinya agar bisa memenuhi kebutuhan yang ada," katanya.

Usaha untuk terus meningkatkan produksi jagung tersebut, jelas Rismiyadi, mendapat perhatian dari berbagai pihak. "Dari Pemda DIY, kemarin kami rapat bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X, lalu dari Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu meninjau pertanian jagung kami," ucapnya.

Perhatian dari berbagai pihak itu, lanjut Rismiyadi, diikuti dengan berbagai bentuk bantuan. "Pada tahun ini kami mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa benih jagung dengan kualitas terbaik sebesar yang nanti didistribusikan ke 17.000 hektare," kata dia.

BACA JUGA: Sultan Minta Produktivitas Jagung di Gunungkidul Meningkat

Bantuan pertanian jagung di Gunungkidul lainnya, sambung Rismiyadi, akan dilakukan untuk 7.000 hektare dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY. "Yang 7.000 hektare ini bersama DPKP DIY lahannya sedang kami persiapkan, rencananya April dimulai penanamannya," ujar dia.

Pertanian jagung di Bumi Handayani sendiri tersebar merata di seluruh kapanewon. "Hampir merata di semua kapanewon ada, yang paling banyak ada di Kapanewon Semin dan Saptosari," tandasnya.

Sebelumnya Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam keterangan tertulis mengharapkan potensi jagung di Gunungkidul dapat dimaksimalkan oleh para petani. Tidak hanya sekedar tanam, tetapi juga bisa menjadi sebuah industri yang nantinya bisa memberikan kesejahteraan untuk petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement