Advertisement

Bantul Anggarkan Dana untuk Revitalisasi Pasar Niten

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 15 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bantul Anggarkan Dana untuk Revitalisasi Pasar Niten Ilustrasi pedagang sayur di Pasar Tradisional / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Pemkab Bantul akan merevitalisasi Pasar Niten untuk tingkatkan sarana prasarananya pada 2024. Upaya tersebut dilakukan untuk menjaga eksistensi pasar rakyat.

Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul Husin Bahri menyampaikan DKUKMPP Bantul terus berupaya meningkatkan sarana prasarana pasar rakyat agar dapat bertahan di era persaingan usaha saat ini.

Advertisement

“Secara prinsip yang dilakukan DKUKMPP Bantul [untuk] revitalisasi pasar rakyat itu untuk menjaga daya saing pasar kayat kita dengan kondisi persaingan usaha dan pola perilaku masyarakat yang cenderung beralih ke teknologi informasi dan toko modern,” katanya saat ditemui di ruangannya, Selasa (13/2/2024).

Dia menilai revitalisasi pasar rakyat menjadi bagian penting dalam menjaga eksistensi pasar rakyat di Bantul. Dengan revitalisasi tersebut beberapa sarana prasarana penunjang di pasar rakyat dapat disediakan sehingga pasar rakyat beroperasi dengan lebih optimal.

Dia menyampaikan konsep revitalisasi tersebut lingkupnya lebih luas dan diharapkan memberi dampak bagi kualitas pasar rakyat.

Baca Juga

Pemkab Salurkan 8 Ton Beras Murah ke Pasar Niten, Harganya Rp10.900 per Kg

Tak Cuma Barang Klithikan, Pasar Niten Bakal Dijadikan Pusat Kuliner dan Kafe Kekinian

Dana Rp1,8 Miliar Diusulkan untuk Rehab Sejumlah Pasar di Bantul, Ini Daftarnya

Dia menyampaikan revitalisasi Pasar Niten akan dianggarkan dengan APBD Bantul sekitar Rp800 miliar. Dengan anggaran tersebut menurut dia, akan dilakukan perbaikan sarana perdagangan los dan kios. Selain itu, DKUKMPP Bantul juga akan melakukan perawatan rutin beberapa pasar rakyat di Bantul pada 2024. “Dilakukan juga revitalisasi [Pasar Niten] dengan beberapa kegiatan tetapi sifatnya rutin. Pemeliharaannya itu 6 pasar,” katanya.

Sementara menurut Husin, Pemkab Bantul berencana mengajukan anggaran revitalisasi Pasar Mangiran dan Pasar Piyungan ke pemerintah pusat untuk tahun 2025.

Dia menyampaikan DKUKMPP Bantul akan mengajukan anggaran untuk revitalisasi Pasar Mangiran dan Pasar Piyungan tahun 2025 ke Kementerian Perdagangan. Dia berharap melalui Dana Alokasi Khusus [DAK] anggaran untuk revitalisasi pasar tersebut dapat terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement