Advertisement

Gunungkidul Diterjang Angin Kencang, Lebih dari 60 Ribu Sambungan Air Warga Mati

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 15 Maret 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Gunungkidul Diterjang Angin Kencang, Lebih dari 60 Ribu Sambungan Air Warga Mati Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani menyampaikan bahwa angin kencang yang menumbangkan banyak pohon dan memutus aliran listrik menyebabkan gangguan pada 60.955 sambungan rumah (SR). Sampai saat ini, ribuan SR tersebut tidak dapat mengalirkan air.

Humas PDAM Tirta Handayani, Rachmat mengatakan ada sebanyak 60.955 SR di Gunungkidul yang sampai saat ini tidak dapat mengalirkan air. SR tersebut masih terdampak arus listrik yang mati karena jaringannya tertimpa pohon-pohon tumbang setelah peristiwa angin kencang pada Kamis 14 Maret 2024.

Advertisement

Sambungan rumah tersebut tersebar merata di seluruh cabang pelayanan PDAM Tirta Handayani yang meliputi Kapanewon Karangmojo, Semin, Semanu, Wonosari, Ponjong, Playen, Tanjungsari, Paliyan, Saptosari, Rongkop, Tepus dan Girisubo. “[Angin kencang] berdampak pada sumber Sungai Bawah Tanah Seropan, Bribin, Intake Mata Air Baron, SBT Ngobaran, SB Tahunan, SB Pampang, Sungai Permukaan Baron, Sumur Bor Hargo I, Hargo II, Tawarsari, Karangerejek, dan Siyono. Total pelanggan terdampak sampai sekarang ada  60.955 SR,” kata Rachmat dihubungi, Jumat (15/3/2024).

Hanya saja sampai saat ini, SR yang belum beroperasi hanya ada di wilayah Pelayanan Cabang Seropan, Bribin, dan Baron. Listrik di tempat-tempat terseebut masih mati. Kemudian SR di Cabang Wonosari belum bisa beroperasi karena ada pompa 30 kilowatt di Sumur Hargo mengalami kerusakan. 

BACA JUGA: 9 Sumur di Gedongtengen Tercemar Mikrobiologi, Ini yang Dilakukan PDAM Jogja

Rachmat mengaku PT PLN baik Wonosari maupun Gedong Kuning sedang melakukan penanganan agar SR dapat mengalirkan air. Salah satu sasaran penanganan juga penggantian pompa yang masuk di wilayah pelayanan Wonosari Kota. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono mengatakan ada 16 titik jaringan listrik yang terdampak angin kencang pada Kamis 14 Maret 2024. Jaringan terdampak tersebut tersebar di Kapanewon Nglipar, Karangmojo, Ponjong, Semanu, Patuk, Playen, dan Wonosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.086 Hektare Lahan di IKN Bermasalah, AHY: Kami Komunikasikan dengan DPR

News
| Sabtu, 27 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement