Advertisement

Gelar Aksi, Warga Sidomulyo Tuntut Transparansi Penggunaan Anggaran Kelurahan

Jumali
Selasa, 19 Maret 2024 - 14:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gelar Aksi, Warga Sidomulyo Tuntut Transparansi Penggunaan Anggaran Kelurahan Warga Kalurahan Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, saat diterima oleh perangkat kalurahan setempat di Kantor Kalurahan Sidomulyo - Dok/Kalurahan Sidomulyo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Sejumlah warga Kalurahan Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, menggelar aksi menuntut transparansi penggunaan anggaran kalurahan, di Kantor Kalurahan Sidomulyo, Selasa (19/3/2024). Selain itu, mereka juga mempertanyakan peran Bamuskal Kalurahan Sidomulyo yang selama ini dinilai belum optimal.

Ervin Tri Susanto, koordinator aksi mengungkapkan pihaknya terpaksa mengggelar aksi karena selama ini penggunaan anggaran kalurahan pada 2023 dinilai belum transparan. Hal ini dibuktikan dengan belum meratanya pembangunan di Kalurahan Sidomulyo.

Advertisement

Selain itu, Ervin menambahkan pihaknya juga mempertanyakan keputusan dari Pemkal Sidomulyo yang membeli mobil. Di mana, sumber anggaran untuk pembelian mobil juga dinilai tidak transparan.

Baca Juga

Plafon SDN Terban Ambrol, Dewan: Kami Minta Semua Sekolah Didata, Jika Mendesak Bisa Gunakan Dana Tak Terduga

Viral Sungai Winogo Kecil di Jalan Samas Menghijau, Ini Tanggapan DLH Bantul

Langgar Aturan yang Dibuat Sendiri, Panitia Pilur Sidomulyo Bantul Minta Maaf

“Terus mau digunakan untuk apa? Lalu kami juga mempertanyakan peran Bamuskal Kalurahan Sidomulyo. Karena, meski ada diskusi, tapi saran dari kami tidak pernah ditampung dan direalisasikan,” kata Ervin.

Kondisi ini, diakui oleh Ervin semakin diperkeruh dengan adanya keputusan Pemkal Sidomulyo merumahkan salah satu karyawan tanpa adanya pemberitahuan lebih dahulu. “Ini yang membuat masyarakat jadi penasaran, sebenarnya kondisi dari Pemkal Sidomulyo seperti apa? Inilah kenapa akhirnya kami menggelar aksi ini,” imbuh Ervin.

Sementara Lurah Sidomulyo, Susanta mengaku jika kondisi internal di Pemkal Sidomulyo tidak harus dijabarkan secara transparan ke publik. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi internal dan stabilitas politik di internal Pemkal Sidomulyo. “Soal koordinasi, kami selalu melakukan koordinasi dan konfirmasi. Tapi kan ini internal,” katanya.

Sementara terkait dengan pembelian mobil, Susanta menegaskan hal itu sudah sesuai dengan kesepakatan antara Pemkal dan Bamuskal Sidomulyo. Pembelian mobil sudah dianggarkan pada 2022 dan baru bisa direalisasikan pada 2023.

“Mobil tersebut untuk kebutuhan kesehatan. Untuk siaga kesehatan. Jadi bukan operasional lurah. Anggaran menggunakan dana desa lewat Pak Kamituwo [Kabag Sosial],” ucap Susanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement