Advertisement

Gunakan Drone, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Oya Wonosari Terkendala Arus Deras

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Gunakan Drone, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Oya Wonosari Terkendala Arus Deras Drone mini, Pixy / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pencarian bocah berinisial MTA, 13 , yang terpeleset lalu terseret arus sungai di Sungai Oya Padukuhan Sidorejo, Kalurahan Karangtengah, Wonosari pada Jumat (29/3/2024) terkendala arus deras. Hingga kini Tim Search and Rescue (SAR) masih belum menemukan bocah tersebut dan masih melakukan penyisiran.

Koordinator Basarnas Gunungkidul, Sulis Haryanto mengatakan pihaknya telah membagi tiga tim untuk mencari anak tersebut. Tim pertama akan memantau menggunakan drone, lalu tim kedua akan menyusuri sungai dengan body rafting, dan tim ketiga akan menyusuri bantaran dan sempadan sungai.

Advertisement

BACA JUGA: Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Penyusuran akan dilakukan sepanjang 1 kilometer. "Korban belum diketahui karena terkendala arus deras dan air keruh. Apabila hujan turun kami hentikan sementara," kata Sulis dihubungi, Jumat (29/3/2024).

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta, Kamar Riswandi menjelaskan bahwa MTA terseret arus tatkala dia dan enam temannya bermain di Tepi Sungai Oya. Nahas, MTA terpeleset tercebur di Sungai Oya sekitar pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA: Anak 13 Tahun Tenggelam saat Mandi di Kali Koteng Sedayu, Sore Ini Masih Dicari

Pencarian dilakukan dengan tiga Search and Rescue Unit (SRU). SRU I melakukan penyisiran dengan perahu karet dalam radius 500 meter dari lokasi kejadian. SRU II melaksanakan pencarian visual dengan penyisiran tepian sungai dengan Aqua Eye sejauh 500 meter dari lokasi kejadian.

SRU III melakukan pemantauan dari udara dengan drone thermal sejauh 500 meter. "Tim SAR Gabungan yang diterjunkan kurang lebih berjumlah 50 personel dari semua instansi dan organisasi masyarakat," kata Riswandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement