Advertisement

Sambut Pemudik, Begini Kondisi Jalan di Wilayah Kabupaten Sleman

David Kurniawan
Minggu, 31 Maret 2024 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Sambut Pemudik, Begini Kondisi Jalan di Wilayah Kabupaten Sleman Ilustrasi jalan rusak. Ist - dok.harianjogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman tidak menampik masih ada jalan dalam kondisi rusak berat. Kendati demikian, secara umum kondisi jalan di Bumi Sembada siap dilalui untuk aktivitas mudik Lebaran di tahun ini.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, jalan kabupaten ada 312 ruas dengan Panjang total 699,50 kilometer. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di 2023, kondisi jalan baik sepanjang 184,3 kilometer, sedang sepanjang 390,7 kilometer.

Advertisement

BACA JUGA: Hati-hati Mudik Lewat Jalan Alternatif di Sleman, Polisi: Banyak Lubang

Selain itu, juga ada kondisi yang masih dalam keadaan rusak. Adapun yang ruasnya rusak ringan sepanjang 118,65 kilometer dan rusak berat panjangnya mencapai 5,85 kilometer.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, sudah mendapatkan laporan terkait dengan kesiapan jalan untuk menyambut Lebaran di tahun ini. Ia tidak menampik masih ada kondisi jalan yang rusak, tapi jumlahnya tidak banyak karena 80% jalan di Bumi Sembada dalam kondisi baik.

“Tetap ada upaya perbaikan jalan. Sebagai contoh, menjelang Lebaran sudah saya instruksikan agar tim penambal jalan bergerak cepat guna menambal jalan berlubang yang rusak ringan,” kata Kustini, Minggu (31/3/2024).

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan Hari Raya Idulfitri tidak ada masalah berkaitan dengan kondisi jalan. Pasalnya, ruas jalan kabupaten yang menyangga jalan nasional, provinsi ataupun menuju jalur-jalur pariwisata kondisi kelayakannya mencapai 80-100%.

“Total ada 52 ruas dengan Panjang 166,1 kilometer,” katanya.

BACA JUGA: Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Kepala DPUPKP Sleman, Mirza Anfansury menambahkan, upaya perbaikan jalan rusak terus dilakukan setiap tahunnya. Perbaikan dilakukan mulai dari pemeliharaan atau penambalan jalan berlubang, peningkatan kapasitas status jalan hingga perlebaran ruas jalan.

Menurut dia, untuk kondisi jalan yang dalam kategori mantap ada sepanjang 575 kilometer atau mencapai 82,20% dari total ruas di jalan kabupaten. Jumlah ini merupakan akumulasi jalan baik sepanjang 184,3 kilometer dan jalan dalam kondisi sedang sepanjang 390,7 kilometer.

“Untuk yang tidak mantap ada ruas sepanjang 124,5 kilometer atau 17,8% dari total keseluruhan jalan kabupaten,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional, Bisa Buat Caption Instagram

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement