Advertisement

Keterbatasan Lahan Jadi Kendala Investor Skala Besar Masuk Jogja

Lugas Subarkah
Rabu, 03 April 2024 - 14:47 WIB
Ujang Hasanudin
Keterbatasan Lahan Jadi Kendala Investor Skala Besar Masuk Jogja Ilustrasi investasi (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menargetkan investasi di Kota Jogja maksimal sebesar Rp733 miliar selama 2024. Target ini sama dengan tahun sebelumnya, yang pada akhir 2023 realisasinya berhasil melampaui target.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Budi Santoso, menjelaskan pada 2024 Kota Jogja mendapatkan target investasi dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DIY sebesar Rp733,2 miliar. “Berdasarkan Renstra Kota Jogja, target investasi 2024 di range Rp323,3 miliar sampai dengan Rp733,2 miliar,” ujarnya, Rabu (3/4/2024).

Advertisement

Untuk realisasi investasi triwulan 1 tahun 2024, ia mengungkapkan belum bisa disampaikan karena saat ini masih masa periode pelaporan realisasi investasi dari pelaku usaha melalui Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Periode pelaporan sampai dengan 20 April 2024,” katanya.

Target tahun ini hampir sama dengan target tahun sebelumnya, yakni range Rp319 mila sampai Rp733Milyar, dengan realisasi Rp862,4 miliar. “Sektor terbesar yakni hotel dan restoran, transportasi, gudang dan telekomunikasi, perumahan, kawasan industri dan perkantoran, perdagangan dan reparasi serta industri lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Target Investasi Kota Jogja Tahun Ini Rp733 Miliar, Ini Jumlah yang Sudah Tercapai

Target 2023 bisa terlampaui karena beberapa upaya dan inovasi yang dilakukan Pemkot Jogja untuk mendorong investasi yang masih dilakukan juga pada 2024 ini. “Adanya layanan kemudahan berusaha melalui inovasi ‘Kopi Joss’ atau Konsultasi Online Perizinan Investasi Kota Jogja OSS untuk melayani Konsultasi Perizinan Berusaha OSS dan Layanan Investasi secara Online,” katanya.

Kemudian upaya lainnya yakni dengan penyusunan produk hukum untuk menjamin kepastian hukum investor dan calon investor serta keberadaan Mall Pelayanan Publik Kota Jogja, yang dinilai mempermudah berbagai pelayanan publik.

Meski demikian, ia mengakui keterbatasan lahan di Kota Jogja menjadi kendala bagi investor skala besar yang ingin masuk di Kota Jogja. Sehingga investor yang masuk pun semuanya disesuaikan dengan ketersediaan lahan di Kota Jogja.

“Kendalanya biasanya untuk investor skala besar terkait ketersediaan lahan. Tapi itu tidak banyak, karena mereka sudah tahu kondisi di Kota Jogja dengan keterbatasan lahan dan tata ruangnya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Apresiasi Perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23/2024

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement