Advertisement

Okupansi Hotel Kulonprogo Selama Libur Lebaran Melejit

Triyo Handoko
Senin, 08 April 2024 - 23:57 WIB
Sunartono
Okupansi Hotel Kulonprogo Selama Libur Lebaran Melejit Suasana ramai hotel Morazen Yogyakarta yang sebelumnya bernama Grand Dafam Signature YIA saat Ramadan ini.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Okupansi atau tingkat hunian hotel di Bumi Binangun meningkat selama libur Lebaran 2024 ini dibanding 2023 silam. Peningkatan okupansi sekitar 30% dibanding masa yang sama tahun lalu.

Salah satu hotel yang okupansinya melejit naik adalah Morazen Yogyakarta yang jaraknya tak ada dua kilometer dari Bandara YIA. Puncak okupansi hotel yang sebelumnya bernama Grand Dafam Signature YIA ini terjadi pada 15 April mendatang dengan tingkat sekitar 90%.

Meningkatnya okupansi Morazen Yogyakarta itu dimulai pada Selasa (8/4/2024) besok dimana persentasenya sekitar 70% yang sudah dipesan sejak pertengahan Ramadan ini. "Meningkatnya mulai besok sekitar okupanisnya sekitar 60%, besok 70% lalu bertahap terus naik sampai 15 April nanti," jelas Branding & Marketing Manager Morazen Yogyakarta, Fengki Fauzi pada Senin (8/4/2024).

Fengki menjelaskan meningkatanya okupansi selaras dengan tingginya minat masyarakat mengikuti berbagai program hotelnya. "Seperti program buka puasa kemarin itu juga meningkat sekali dibanding tahun lalu yang hanya 4.000 orang, Ramadan tahun ini sudah mencapai 9.000 orang yang mengikuti," ujarnya.

Tak hanya program buka puasa, jelas Fengki, program lain yaitu syawalan di Morazen Yogyakarta juga meningkat drastis permintaanya. "Sudah ada yang memesan itu sekitar 600 orang, prediksi kami akan terus meningkat untuk yang  booking syawalan ini," terangnya.

Berbagai langkah dilakukan Morazen Yogyakarta untuk memaksimalkan layanan selama melejitnya okupansi ini dengan menambah karyawan, memastikan bahan makanan segar, hingga menata lokasi parkir agar makin luas dan nyaman. "Kami jamin layanan kami akan maksimal, penambahan karyawan sudah dilakukan agar semuanya terlayani, hidangan di restoran kami juga dijamin segar dan fresh, tempat parkir juga mencukupi dan nyaman," pungkasnya.

Melejitnya okupansi hotel di Bumi Binangun ini juga dikonfirmasi oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kulonprogo. Prakiraan PHRI Kulonprogo okupansi hotel akan menyentuh 95% pada puncak libur Lebaran.

"Koordinasi dengan berbagai anggota diprakirakan dari mereka juga, terutama dari trne pemesanan ini okupansi naik jadi 95% pada Lebaran ini," kata Ketua PHRI Kulonprogo, Mantoyo pada Senin siang.

Mantoyo menjelaskan sebab utama naiknya okupansi karena momen libur Lebaran yang lebih panjang. "Selain itu masa sebelum ini juga low seasons jadi ada gairah dari masyarakat untuk berwisata selama libur ini," ujarnya.

Tingkat pemesanan restoran juga akan meningkat selama libur Lebaran di Bumi Binangun. "Restoran juga naik, tapi setelah Lebaran kalau puasa dan mendekat Lebaran ini masih stagnan, akan naik setelah lebaran," pungkasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement