Advertisement

Lahan Pertanian di Kasihan Terserang Wereng, DKPP Bantul Lakukan Penyemprotan Insektisida

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 21 April 2024 - 20:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lahan Pertanian di Kasihan Terserang Wereng, DKPP Bantul Lakukan Penyemprotan Insektisida Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Beberapa lahan pertanian padi milik petani di Kasihan, Bantul mengalami serangan hama wereng dalam dua pekan terakhir. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul mangklaim telah menyemprot untuk mengantisipasi penyebarannya.

Salah satu petani di Tamantirto, Kasihan, Sardjono mengaku wilayah kelompok taninya terserang hama wereng dua minggu belakangan. "[Tanaman padi] kami sudah mulai sudah mulai ada serangan hama wereng coklat," ujarnya, Minggu (21/4/2024).

Advertisement

Saat ini ada 3.000 meter persegi lahan padi di kelompok taninya yang terserang wereng. Dia menuturkan gejala hama wereng mulai terlihat dengan perubahan warna butiran padi dari hijau atau kuning keemasan menjadi kecoklatan. Selain itu, butiran padi tersebut menjadi hampa atau remuk.

Dia mengaku khawatir serangan hama wereng akan menyebar ke lahan pertanian di sekitarnya, lantaran menurut dia penyebaran hama wereng cukup cepat.

Menurutnya, saat ini aduan terkait hama wereng tersebut sudah disampaikan ke Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat.

"Kami sudah koordinasi dengan POPT, tapi masih menghantui petani yang bersangkutan karena sudah keliatan gejalanya. Kami masih menunggu instruksi dari PPL dan POPT untuk menghindari penyebaran serangan hama wereng," ujarnya.

Baca Juga

Hasil Penelusuran, Ini Penyebab Tingginya Hama Wereng pada Tanaman Padi di Galur

Gara-Gara Wereng, Hasil Panen Petani Menurun

Petani di Bantul Ini Keluhkan Wereng, Ini yang Diharapkan dari Pemerintah…

Sementara petani lainnya di Tamantirto, Kasihan, Bini Yatim Suharso menyampaikan beberapa padi yang siap panen di kelompok taninya terserang hama wereng. Dia menuturkan hama wereng menyerang bagian pangkal tanaman padi. Sehingga, apabila padi telah terinfeksi, batang padi akan mudah patah.

"Ini [hama wereng] kalau tidak ditanggulangi, akan merajalela, semua tanaman padi bisa terserang," katanya.

Dia mengaku telah memotong dan membakar beberapa padi yang telah terinfeksi wereng. Meski begitu, menurutnya hama wereng masih tetap ada. Dia mengaku juga telah melaporkan kejadian tersebut ke PPL setempat. "PPL akan menyemprot Senin besok [22/4/2/24]," ujarnya.

Sementara Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo mengaku laporan serangan hama wereng di beberapa lokasi telah diterimanya, antara lain di Kapanewon Piyungan, Pandak dan Pleret. Menurutnya, serangan tersebut telah terjadi sejak dua pekan sebelum Lebaran.

Dia mengaku pihaknya telah menerjunkan tim untuk menyemprot insektisida untuk mengantisipasi penyebaran wereng. "Kami setiap hari melakukan pengendalian," ujarnya.

Meski serangan wereng telah menyebar ke berbagai kapanewon di Bantul, Joko masih yakin produksi gabah pada masa tanam pertama tahun ini akan tetep tinggi. Dia pun menilai tidak ada potensi gagal panen, lantaran penanganan serangan wereng dinilai sudah masif.

Menurut dia, pihaknya rutin melakukan gerakan pengendalian (gerdal) untuk mencegah pertumbuhan serangan hama wereng. Dia menuturkan pihaknya telah melakukan pengamatan lapangan ke beberap lokasi yang dilaporkan terserang wereng. "Setelah diamati ada serangan [wereng], lalu langsung melaksanakan gerdal,” katanya.

Selain itu, menurut Joko, pihaknya akan melakukan penyemprotan insektisida menggunakan drone untuk mempercepat proses pengendalian wereng. “Kami gerak cepat, jangan sampai mundur-mundur dan sampai terjadi puso,” imbuhnya.

Menurut Joko serangan hama wereng yang terus menerus membuat tanaman menjadi puso. Hingga akhirnya tidak berbuah dan mengalami kematian. Hama wereng menyerang batang tanaman yang mengakibatkan tanaman padi kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement