Advertisement

Rekrutmen Terbuka Panwascam Pilkada Sleman Ditutup, Simak Jadwal Tahapan Seleksi Selanjutnya

Media Digital
Kamis, 09 Mei 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Rekrutmen Terbuka Panwascam Pilkada Sleman Ditutup, Simak Jadwal Tahapan Seleksi Selanjutnya Sejumlah kandidat mendatangi Kantor Bawaslu Sleman untuk melakukan pendaftaran Panwascam dalam rekrutmen terbuka Panwascam Pilkada 2024. - Istimewa/Bawaslu Sleman 

Advertisement

SLEMAN—Rekrutmen terbuka Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Sleman 2024 resmi ditutup. Puluhan calon anggota Panwascam bakal melakoni sejumlah tes agar terpilih dan bisa terlibat dalam pengawasan perhelatan Pilkada mendatang.

Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar menjelaskan pendaftaran Panwascam telah dibuka pada 5-7 Mei lalu. Pendaftaran ini dibuka untuk mengisi kekosongan komisioner Panwascam di 10 Kecamatan/Kapanewon.

Advertisement

Dalam rekrutmen kali ini, Bawaslu Sleman membuka lowongan Panwascam sebanyak 14 orang, sesuai dengan jumlah kekosongan komisioner di Sleman. "Sampai 7 Mei pukul 23.59 WIB kemarin yang sudah mendaftar 84 orang," terang Arjuna, Kamis (9/5/2024).

Setelah pendaftaran ditutup, saat ini Bawaslu tengah melakukan tahap penelitian administrasi. Peserta yang memenuhi syarat akan diumumkan untuk maju ke tahap tes tulis Computer Assisted Test (CAT).

Rencananya tes tulis bagi para calon anggota Panwascam ini akan digelar pada 13-14 Mei mendatang. "Nanti dari tes CAT ini akan diambil dua kali dari jumlah kebutuhan di masing-masing Kapanewon. Misalnya Kalasan itu butuh satu Panwascam maka yang lolos CAT di situ dua orang dari skor tertinggi," jelasnya.

Para peraih nilai teratas ini lah yang selanjutnya akan lolos ke tahap wawancara. Proses wawancara dijadwalkan akan digelar 18-20 Mei 2024 dan langsung dites oleh pimpinan dan komisioner. Materi yang ditanyakan nanti masih seputar Pemilu dan Pilkada. "Setelah itu akan skor nilainya. Dari tes tulis sama wawancara itu. Akumulasi nilainya akan menentukan siapa yang akan menjadi komisioner terpilih di masing-masing Kapanewon. Pengumuman akan dilakukan di akhir Mei," imbuhnya. 

BACA JUGA: Bawaslu Antisipasi Kerawanan Tahapan Pilkada Kota Jogja 2024

Rekrutmen Panwascam secara umum dibagi ke dalam dua tahap. Pertama, rekrutmen Panwascam untuk Panwascam eksisting dan kedua rekrutmen untuk Panwascam baru. Dari 51 Panwascam yang telah mengawal Pemilu yang lalu, ada 14 orang yang dinyatakan tidak layak karena tidak memenuhi ambang batas skor.

"Mereka yang tidak memenuhi ambang batas skor yang ditentukan itu yang dianggap belum memenuhi syarat untuk lanjut di Panwas Pilkada. Itu akhirnya tersaring 14 orang yang belum memenuhi syarat," ungkapnya. 

Hal ini yang juga menjadi latar belakang Bawaslu Sleman membuka rekrutmen bagi Panwascam baru yang sudah dimulai prosesnya. Tujuannya, mencari 14 kandidat baru untuk mengisi sejumlah posisi yang kini tengah kosong. Di sisi lain pembukaan pendaftaran Panwascam baru ini juga menjadi ulaya Bawaslu memastikan Panwascam yang bertugas memenuhi standar yang ada.

"Iya, sekaligus dengan komposisi yang saat ini ada itu bisa lebih meningkatkan kinerjanya dibandingkan Pemilu sebelumnya. Jadi pengawasannya lebih optimal lagi, lebih baik lagi dari sebelumnya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement