Advertisement

Ajak Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan, BPO dan DPRD DIY Terjun Langsung ke Kulonprogo

Media Digital
Rabu, 22 Mei 2024 - 19:02 WIB
Sunartono
Ajak Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan, BPO dan DPRD DIY Terjun Langsung ke Kulonprogo Suasana gelaran SosialisasiKepemudaan yang diselenggarakanBPO Disdikpora DIY bersama DPRD DIY di Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo pada Rabu (22/5/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko.

Advertisement

KULONPROGO—Partisipasi pemuda di Bumi Binangun dalam pembangunan difasilitasi Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY dan DPRD DIY. Fasilitasi itu disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Kepemudaan yang diselenggarakan di Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo pada Rabu (22/5/2024).

BPO DIY yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) ini menjabarkan berbagai program-program yang dapat diakses pemuda di Bumi Binangun. Berbagai program tersebut bersifat dukungan program, pembinaan keterampilan, hingga bantuan pendanaan lewat beasiswa.

BACA JUGA : Dukung Pembangunan SDM, BPO dan DPRD DIY Gelar Sosialisasi Kepemudaan

Advertisement

Staf Kepemudaan BPO Disdikpora DIY, Rahmat Yulianto menjelaskan program itu mesti dimanfaatkan lebih luas lagi oleh pemuda di Kulonprogo. "Ada beasiswa pendidikan untuk kalangan tidak mampu dan memiliki prestasi, beasiswa pendidikan dengan besaran nilai Rp10 juta pertahun, ini mesti dimanfaatkan lebih luas lagi," terangnya, Rabu sore.

Rahmat menjelaskan BPO DIY juga mendorong kreativitas pemuda dalam berbagai hal dengan program Pemuda Pelopor. Lewat program ini, pemuda didorong mengembangkan berbagai potensi yang sudah dikembangkannya. "Ada fokus beberapa sektor yang dibidik seperti pangan, pangan, inovasi, pariwisata, hingga budaya," jelasnya.

Selain itu dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas, jelas Rahmat, BPO DIY sedang menjalankan program pelatihan digital marketing. Pelatihan ini sesuai tantangan dunia usaha dan dimaksudkan agar pemuda banyak yang terjun jadi pengusaha.

Sementara itu anggota DPRD DIY Komisi D, Ika Damayanti Fatma Negara mengapresiasi upaya-upaya BPO Disdikpora DIY dalam penguatan kepemudaan. Ika menyebut penguatan kapasitas ini sejalan dengan visinya untuk terus mendorong pemuda dalam pembangunan.

Pembangunan di Kulonprogo, lanjut Ika, perlu partisipasi generasi muda supaya apa yang dikembangkan dapat sesuai dengan kebutuhan pemuda. "Pembangunan ini perlu ditingkatkan lagi dan peran pemuda sangat penting, agar ada keberlanjutan dari tiap pembangunan yang dikerjakan," ujarnya.

Keberlanjutan dalam pembangunan, menurut Ika, penting untuk diprioritaskan agar tidak ada jurang pemanfaatan program-program yang sedang dijalankan dengan kebutuhan masa depan. "Lewat pemuda kami berharap ada perspektif-perspektif yang lebih visioner, karena ini sesuai dengan karakter tiap generasi yang berbeda-beda sehingga mesti dilibatkan dalam pembangunan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement