Advertisement

Presentasi Singkat Sudah Jadi Kebutuhan di Era Teknologi

Sunartono
Minggu, 02 Juni 2024 - 00:57 WIB
Sunartono
Presentasi Singkat Sudah Jadi Kebutuhan di Era Teknologi Presentasi singkat namun mampu memberikan penjelasan memadai kepada audiens sudah menjadi kebutuhan di era perkembangan teknologi saat ini. - Zoom.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Presentasi singkat namun mampu memberikan penjelasan memadai kepada audiens sudah menjadi kebutuhan di era perkembangan teknologi saat ini. Mengingat beberapa platform teknologi saat ini banyak menampilkan video tayangan singkat yang menjadikan tuntutan pembuat konten harus menyesuaikan.

Platform TikTok yang saat ini populer memberikan batasan durasi bagi penggunanya dalam mengunggah video. Cara ini ternyata menarik bagi warganet sehingga medsos jenis ini booming. Kemudian ditiru oleh Youtube melalui Short-nya.

Advertisement

Teknik Industri FTI UII Imam Djati Widodo mengakui tidak mudah melakukan presentasi singkat dan mampu memberikan penjelasan yang dapat diterima dengan baik materinya oleh audiens. Di sisi lain, era terkini memaksa menyampaikan pesan audio visual singkat.

"Memang saat ini sudah menjadi kebutuhan terkait presentasi singkat, dan ini tidak mudah menyajikannya. Apalagi saat ini banyak platform yang menyajikan tren presentasi atau video singkat untuk menyampaikan pesan," katanya Sabtu (1/6/2024).

Oleh karena ia menantang mahasiswa Indonesia untuk berani melakukan presentasi singkat melalui event MT (Three Minutes Thesis) Challenge @UII. Kompetisi ini menantang mahasiswa sarjana, pascasarjana dan program doktor untuk mempresentasikan karya inovatif dalam waktu 3 menit menggunakan satu slide statis dan tanpa alat bantu tambahan.

"Ini bisa melatih mahasiswa untuk menjelaskan penelitian mereka dengan cara yang jelas, ringkas, dan menarik bagi audiens non-spesialis. Sekaligus memaksa mahasiswa untuk memahami dan mengartikulasikan esensi dari penelitian mereka, yang sering kali memperdalam pemahaman mereka sendiri," katanya.

Panitia MT Challenge Dwi Adi Purnama menambahkan melalui presentasi makalah ilmiah, diharapkan terjadi pertukaran ide uang inspiratif dan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat.

Kompetisi presentasi makalah ilmiah tingkat nasional ini diadakan untuk mendorong dan memperkuat semangat mahasiswa untuk riset, inovasi, dan kreativitas, serta mahasiswa mendapatkan inspirasi baru untuk terus berkarya dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan.

"Pendaftaran dan pengumpulan materi video, abstrak, dan daftar pustaka dari 1 Mei - 14 Juni 2024, pendaftan gratis. Seleksi awal mulai 15 - 27 Juni 2024. 5 finalias akan diundang hadir di Kampus FTI UII pada 8 Juni 2024," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement