Advertisement

Sejumlah Kampus dan Delegasi Antar Negara Gelar Dialog Lintas Iman di Jogja

Yosef Leon
Sabtu, 15 Juni 2024 - 05:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sejumlah Kampus dan Delegasi Antar Negara Gelar Dialog Lintas Iman di Jogja Suasana agenda Embracing Interfaith Dialogue and Whole Person Education yang digelar Jumat (14/6/2024) di Auditorium Koinonia, UKDW Jumat (14/6/2024). Yosef Leon Pinsker - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) berkesempatan menjadi tuan rumah agenda Embracing Interfaith Dialogue and Whole Person Education yang digelar Jumat (14/6/2024) di Auditorium Koinonia. Acara itu merupakan rangkaian dari kegiatan Study Trip for Trustees and Staffs yang diselenggarakan oleh United Board for Christian Higher Education in Asia (UBCHEA).

Kegiatan dialog lintas iman level internasional ini menghadirkan perwakilan Center for Religious dan Cross-cultural Studies (CRCS) - Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS), Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, dan UKDW sebagai pembicara serta dihadiri oleh 40 anggota Dewan Pengawas dan Pengurus dari UBCHEA dari berbagai negara.

Advertisement

Baca Juga: Jalin Kerja Sama, UKDW Tandatangani MoU dengan Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta

Kepala Lembaga Pelayanan Kerohanian, Konseling, dan Spiritualitas Kampus (LPKKSK) UKDW Pdt. Nani Minarni mengatakan, kampusnya memiliki visi menjadi universitas Kristen unggul, terpercaya, transformatif dan berkelanjutan bagi pengembangan ilmu, teknologi, dan generasi yang humanis-berbudaya dan adaptif dalam dunia pluralistik.

"Untuk itu kami bergerak secara dinamis dalam menyelenggarakan pendidikan untuk membentuk manusia seutuhnya berdasarkan nilai-nilai kedutawacanaan, melakukan penelitian yang berdampak dan berpihak pada nilai kemanusiaan, melakukan pengabdian kepada masyarakat sekaligus mengimplemetasikan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi untuk pembangunan masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: UKDW Jogja Bersiap Membangun Kampus Baru

Dalam acara ini para panelis menanggapi pertanyaan-pertanyaan penting di seputar dialog lintas iman. Misalnya tentang bagaimana dialog lintas iman tersebut dilihat menurut sudut pandang historis, sosial politis, dinamika sosial dan budaya, pemerintah dan kebijakannya, jenis-jenis tantangan dan resolusi konflik, pendidikan dan keterlibatan kaum muda, peran para pemimpin agama serta aspek ekonomi dan pembangunan.

Program Director for South Asia UBCHEA Maher Spurgeon menyampaikan, dialog lintas iman dan pembelajaran insan secara menyeluruh adalah dua hal mendasar dari misi UBCHEA. Dinamika pembelajaran insan secara menyeluruh (WPE) melampaui pengajaran akademis, WPE menyentuh ranah spiritual, etis, dan emosional dari para mahasiswa.

"Dalam konteks ini, dialog lintas iman menjadi sangat penting untuk mempromosikan sikap saling memahami, saling menghargai dan saling bekerja sama antar pemeluk agama yang berbeda-beda," ungkapnya.

Baca Juga: UKDW dan De Britto Gelar Pelatihan Desain Bagi Murid

Dengan terlibat dalam dialog lintas iman, diharapkan para mahasiswa dapat memperluas cakrawala dan belajar untuk mengarungi dunia yang beragam dan saling terkoneksi ini dengan mengandalkan sikap empati dan sikap saling menghargai. Hal semacam ini sangat sejalan dengan misi organisasi pihaknya yang bekerja keras untuk mempersiapkan para pemimpin bangsa yang bukan hanya sekadar kompeten secara akademis, tapi juga berakar dalam hal moral dan spiritual.

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman terjun langsung ke lapangan kepada semua anggota Dewan Pengawas dan Pengurus UBCHEA. Dengan melihat langsung dari dekat bagaimana landskap pendidikan tinggi di Indonesia, dalam hal ini diwakilkan oleh UKDW, para peserta dapat mengamati langsung bagaimana lembaga pendidikan tinggi setempat, tenaga pendidik, dan para pengajar menggunakan inovasi-inovasi praktis dan tren pendidikan kekinian yang muncul dalam proses belajar mengajar mereka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Marak, Ini Momen Awal Mula Masuknya Judi Online ke Indonesia

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement