Advertisement

Pilkada Gunungkidul 2024, Demokrat Tentukan Sikap Koalisi Dua Pekan Depan

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:37 WIB
Ujang Hasanudin
Pilkada Gunungkidul 2024, Demokrat Tentukan Sikap Koalisi Dua Pekan Depan Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Gunungkidul dalam dua pekan ke depan akan menyampaikan keputusan koalisi dan arah dukungan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Gunungkidul, Eko Rustanto mengatakan hingga sekarang, DPC Demokrat belum memutuskan arah koalisi dan dukungan.

Advertisement

“Kemungkinan dalam dua minggu ini sudah ada keputusan koalisi dan dukungan calon kepala daerah yang kami usung,” kata Eko dihubungi, Jumat (21/6/2024).

Eko menambahkan pihaknya juga memperpanjang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari Partai Demokrat hingga akhir Juli 2024. Hingga saat ini, beberapa orang yang tercatat mendaftar ada Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, Mahmud Ardi Widanto, Eko Rustanto, dan Erlia Risti.

Mahmud Ardi Widanto merupakan putra Bendahara Umum DPP PAN yang telah mendapat surat rekomendasi dari internal PAN untuk maju sebagai calon wakil bupati Gunungkidul. Namun, dia belum mendapat pasangan untuk ikut dalam kontestasi. Meski begitu, Ardi dikabarkan sering menjalin komunikasi dengan Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

“Bulan Juni ini, tapi lupa tanggal persisnya, saya memang bertemu Pak Sunaryanta. Sebenarnya kebetulan saja itu. Kami ngobrol tentang persoalan Gunungkidul,” kata Ardi.

Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin mengaku Mahmud Ardi Widanto memang lebih sering menjalin komunikasi dengan Bupati Gunungkidul.

“Intensitas Mas Ardi bertemu memang sering dengan inkumben, Pak Sunaryanta,” kata Anwarudin.

BACA JUGA: Golkar dan PKB Mengerucut Calonkan Sunaryanta di Pilkada Gunungkidul

Adapun Sunaryanta baru mendapat surat penugasan dari DPP Golkar untuk kembali maju sebagai Cabup. Sedangkan, dia belum mendapat surat rekomendasi. Meski begitu, sudah ada dua parpol yang berniat mengusung Sunaryanta yaitu DPD Golkar dan DPC PKB.

Ketua DPC PKB Gunungkidul, Sutiyo mengatakan surat rekomendasi baru akan turun pada Agustus 2024.

Di sisi lain, sudah ada tiga partai politik (parpol) yang mendeklarasikan koalisi dan dukungan yaitu DPD Partai Nasdem, DPD PKS, dan DPC Gerindra Gunungkidul.

Deklarasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ketiga parpol di Gunung Kanun, Padukuhan Gelung, Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, Rabu (5/6/2024) malam. Mereka sepakat mengusung Sutrisna Wibawa-Sumanto. Sutrisna merupakan kader Nasdem dan Sumanto kader Gerindra. Meski telah ada penandatanganan, namun hingga Jumat (21/6) belum ada surat rekomendasi dari DPP.

Ketua DPC Partai Gerindra Gunungkidul, Purwanto mengatakan memang belum ada surat rekomendasi dari DPP Gerindra. “Insyallah turun surat rekomendasi mungkin di bulan Agustus,” kata Purwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penarikan Paspor Firli Bahuri, Ditjen Imigrasi Bakal Cek Ulang

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement