Advertisement

Luas Elektrifikasi Pertanian di Bantul Mencapai Tiga Ribu Titik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 24 Juni 2024 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Luas Elektrifikasi Pertanian di Bantul Mencapai Tiga Ribu Titik Foto ilustrasi elektrifikasi pertanian / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul mencatat ada 3.000 titik pengairan pertanian menggunakan sistem elektrifikasi. DKPP Bantul menilai penggunaan elektrifikasi pada pertanian akan menghemat biaya operasional pertanian.

“[Elektrifikasi] sudah ratusan hektare. [Elektrifikasi] Menghemat biaya pengairan dibandingkan dengan [pompa dengan bahan bakar] BBM, [lebih hemat] sekitar 70%,” ujar Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo, Senin (24/6/2024).

Advertisement

Dia menyampaikan perairan lahan pertanian dengan elektrifikasi digunakan untuk tanaman pangan dan hortikultura. Dia menuturkan elektrifikasi di tanaman hortikultura pun telah menjangkau seluruh lahan pasir di pantai selatan.

Saat ini hampir di seluruh kapanewon di Bantul telah menggunakan elektrifikasi. Beberapa daerah dengan lahan persawahan yang luas yang diairi dengan elektrifikasi antara lain Imogiri, Kretek, Sanden, Srandakan, dan Pajangan.

BACA JUGA: PPDB SD, Bantul Kelebihan Daya Tampung sebanyak 3.994 Siswa

Panewu Imogiri, Slamet Santosa menyampaikan lahan pertanian di Imogiri sering mengalami kesulitan air terutama daerah perbukitan. Dia menilai dengan elektrifikasi, petani menjadi lebih mudah mencari sumber air bagi lahan pertaniannya.

“Sumber air tanah ada yang berasal dari sumur dalam dan dangkal yang disedot pompa dengan elektrifikasi, dulu [bahan bakar] dengan BBM dan solar, sekarang pompa pakai energi listrik,” ujarnya.

Dia menuturkan di wilayah Imogiri lahan pertanian yang menggunakan elektrifikasi ada di Srunggo, Selopamioro, sekitar 15 hektar; Wunut, Sriharjo sekitar 15 hektar dan Nawungan, Selopamioro sekitar 50 hektare. Sementara beberapa lahan di daerah lain berangsur mengikuti inovasi tersebut lantaran dinilai mampu menghemat bahan bakar pompa air.

Dia menuturkan pengairan dengan elektrifikasi dinilai mampu memenuhi kebutuhan air petani. Saat ini beberapa lahan pertanian di perbukitan pun airnya tercukupi lantaran dibantu dengan pompa sumur dalam. Di lahan perbukitan pun saat ini dapat ditanami bawang merah.

“Harapannya petani akan mendapatkan air yang cukup dan stabil, produktivitas dan kesejahteraan petani meningkat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tinjau PLTS PLN, Menteri BUMN Pastikan Peringatan HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

News
| Senin, 01 Juli 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement