Advertisement

PPDB SMP Negeri di Sleman Ditutup, Dinas Pendidikan: Lima Jalur Lancar

Media Digital
Rabu, 03 Juli 2024 - 21:17 WIB
Maya Herawati
PPDB SMP Negeri di Sleman Ditutup, Dinas Pendidikan: Lima Jalur Lancar Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Sleman, Dwi Warni Yuliastuti (kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana (kanan), memberi paparan kepada para kepala sekolah SMP Kabupaten Sleman, di Dinas Pendidikan Sleman, Rabu (3/7 - 2024). / Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kabupaten Sleman yang diselenggarakan dengan lima jalur secara umum berjalan relatif lancar. Masyarakat dinilai telah cukup menyesuaikan dengan sistem yang digunakan beberapa tahun terakhir ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, menjelaskan PPDB SMP Kabupaten Sleman dari segi pelaksanaan berjalan lancar. “Terbukti tidak ada masyarakat yang mengadu terkait permasalahan yang terjadi. Masyarakat datang rata-rata hanya menanyakan minta penjelasan supaya mereka difasilitasi agar bisa mendaftar,” ujarnya.

Advertisement

Melalui jalur zonasi radius, zonasi wilayah, afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan prestasi, Dinas Pendidikan sleman mengakomodir seluruh calon peserta didik baru sesuai kebutuhannya. “Anak-anak dari keluarga miskin bisa terakomodasi, disabilitas terakomodasi, tempat tinggal anak yang dekat dan jauh dari sekolah terakomodasi,” katanya.

Zonasi wilayah dan zonasi radius ini saling melengkapi, agar tidak ada wilayah yang tidak terakomodir skeolah. Zonasi radius memiliki jarak radius yang berbeda-beda setiap sekolah, tergantung geografis lokasi sekolah dan kepadatan penduduk di sekitarnya.

“Alhamdulillah untuk zonasi radius dari verifikasi yang dilakukan sekolah tidak ada laporan yang menyatakan tidak setuju atau merasa dirugikan. Data radius itu ada yang 300 meter, 600 meter, 900 meter bahkan 1.200 meter. 1.200 meter itu untuk SMPN 2 Moyudan dan SMPN 4 Prambanan karena memang itu di sekitar sekolah agak jarang penduduk,” katanya.

BACA JUGA: ORI DIY Telusuri Adanya Dugaan Fraud pada Pelaksanaan PPDB 2024

Anak-anak di luar radius, meski jaraknya jauh dari sekolah, sudah difasilitasi dengan jalur zona wilayah. Pembagiannya, setiap kalurahan dipastikan menjadi zona satunya minimal tiga SMP negeri. Jadi walaupun jauh, punya zona wilayah satu tiga SMP negeri bisa memilih satu, dua, tiga,” kata dia.

Sedangkan jalur afirmasi mengakomodir calon siswa keluarga miskin dan disabilitas, yang juga diperbolehkan memilih tiga sekolah. “Kemudian jalur prestasi diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki prestasi tersendiri, lalu perpindahan orang tua mengikuti perpindahan orang tua dengan syarat tertentu,” ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Sleman, Dwi Warni Yuliastuti, menuturkan setelah rangkaian PPDB selesai semuanya, akan dilakukan evaluasi untuk pelaksanaan tahun depan. Secara umum, PPDB tahun ini menurutnya berjalan dengan baik.

Hal ini salah satunya terlihat dari tidak adanya aduan yang masuk dari lembaga pengawas seperti ombudsman. “Artinya ini juga menjadi indikator dari segala yang kita siapkan, kita sudah melayani masyarakat dengan insyaalloh dengan sangat baik,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Obligasi Rekap BLBI, Ancaman Nyata Bagi Masa Depan Indonesia

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement