Advertisement

Pemkot Jogja Ajak Puluhan Siswa Asah Kreativitas di Momen Liburan Sekolah

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 05 Juli 2024 - 05:57 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Ajak Puluhan Siswa Asah Kreativitas di Momen Liburan Sekolah Kegiatan kreasi literasi anak yang diinisiasi oleh DPK Kota Jogja, Kamis (4 - 7) / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Jogja – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Jogja menggelar kegiatan kreasi literasi anak di Halaman DPK Kota Jogja pada 3-4 Juli 2024. Ini merupakan kegiatan yang diinisiasi DPK Kota Jogja dalam rangka mengisi waktu senggang libur sekolah.

Kreasi literasi anak menyasar siswa SD hingga SMP. Kegiatan Liburan di Perpustakaan Kota Jogja ini cukup mendapat antusias, terbukti gelaran ini diikuti hingga ada 50 peserta.

Advertisement

Plt Sekretaris DPK Kota Jogja Gatot Sudarmono menuturkan lewat kegiatan ini pihaknya ingin mengajak anak untuk mengasah kreativitas dan keterampilan. Peserta juga diharapkan bisa membangun interaksi satu sama lain. Sebab, peserta datang dari berbagai sekolah. Gatot menyebut ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari membuat kreasi tas kecil dengan pewarnaan alami hingga membuat batik abstrak di sapu tangan. Ada juga kegiatan membuat kreasi kipas deco dan melukis cangkir enamel.

“Peserta didampingi para pustakawan juga instruktur dari Komunitas Omah Kreatif Loedji 16,” ujar Gatot, Kamis (4/7).

Kabid Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Jogja Nunun Zulaikha menuturkan di era kemajuan zaman seperti saat ini kebanyakan anak memilih untuk bermain gadget untuk menghabiskan waktu liburan. Liburan di Perpustakaan Kota Jogja ini menjadi cara untuk menyalurkan waktu senggang anak pada kegiatan yang lebih produktif. Nunun mengatakan, kegiatan ini berhasil dilaksanakan setiap tahun.

BACA JUGA: Pemuda Kota Yogyakarta Berinteraksi, Berkolaborasi, Berpartisipasi

“Harapannya bisa memacu potensi dan minat anak ke depan lewat beragam kegiatan kreasi dan bentuk permainan yang dilakukan dalam program Liburan di Perpustakaan Kota Jogja,” kata Nunun.

Dia menambahkan, kreasi literasi anak ini sekaligus menjadi upaya untuk mendekatkan perpustakaan kepada anak-anak. Diharapkan, anak punya inspirasi untuk menghabiskan waktu liburan selain bermain gadget. Liburan di Perpustakaan Kota Jogja menawarkan kegiatan yang membawa anak pada aktivitas luar ruang dan interaksi langsung dengan teman sebaya, melalui kreasi batik dan ragam kerajinan.

“Di sini waktunya untuk anak-anak lepas dari gawai, kembali melakukan aktivitas dan interaksi secara langsung dengan teman-teman baru. Belajar bersosialisasi, kerja kelompok dan berkreasi sesuai dengan kreativitas mereka,” ungkapnya. (Alfi Annissa Karin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Kesulitan Tangkap Bandar Judi Online, Ini Penyebabnya

News
| Minggu, 07 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement