Advertisement

Sultan Melantik Direksi Baru PT. Taru Martani, Minta Perusahaan Lebih Transparan dan Akuntabel

Yosef Leon
Selasa, 09 Juli 2024 - 12:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Sultan Melantik Direksi Baru PT. Taru Martani, Minta Perusahaan Lebih Transparan dan Akuntabel Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik jajaran direksi baru PT. Taru Martani pada Selasa (9/7 - 2024)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik jajaran direksi baru PT. Taru Martani pada Selasa (9/7/2024). Pelantikan ini dilakukan setelah Direktur Utama sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. 

Direksi yang dilantik tersebut yakni Widayat Joko Priyanto sebagai Direktur Utama; Anis Richana sebagai Direktur Keuangan dan Umum serta Mokhamad Jamaludin sebagai Komisaris Utama. 

Advertisement

BACA JUGA: 3 Nama Calon Direktur Utama PT Taru Martani Sudah Diserahkan ke Gubernur DIY, Siapa Mereka?

Sultan mengatakan, proses seleksi direksi PT. Taru Martani sudah melalui fit and proper test, melalui pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan kompetensi, serta penjabaran visi-misi ke dalam strategic planning dan langkah-langkah operasional. 

Menurut Sultan, investasi terbaik di PT. Taru Martani yang bisa dilakukan sekarang adalah pada implementasi prinsip-prinsip tata kelola berbasis good corporate governance. Good corporate governance bukanlah sekadar jargon, tetapi perlu diimplementasikan sebagai tindakan terstruktur, sistematis, dan nyata. 

"Apakah PT Taru Martani siap untuk transparan dan akuntabel? Saya yakin, dengan kepemimpinan manajerial yang baru seluruh jajaran PT Taru Martani semua akan menjawab "Ya" dengan penuh keyakinan," ujarnya. 

Sultan berpesan kepada komisaris utama dan jajaran direksi untuk segera bergerak me-review dan menyempurnakan rencana strategis dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif. 

"Upaya ini setidaknya dapat dicapai dengan penguatan human capital, meningkatkan tata kelola sumber daya dan infrastrukur, serta pemajuan riset dan pengembangan usaha," pungkas dia. 

BACA JUGA: Kasus Tipikor Menjerat Dirut PT Taru Martani, Begini Respons Pemda DIY

Sementara Widayat Joko Priyanto seusai dilantik menyatakan, pihaknya akan segera menyusun rencana jangka panjang perusahaan yang meliputi rencana bisnis 5 tahun ke depan yang juga akan diturunkan ke dalam rencana jangka pendek setiap tahun. Itu meliputi pula pencapaian dari aspek bisnis, operasional maupun perbaikan untuk tata kelola perusahaan.

"Secara bisnis, nanti untuk produk cerutu harus tetap eksis dan pemasaran harus dilakukan.

Sesuai arahan pemegang saham, kami akan mencoba membangun khususnya komiditi pertanian termasuk peternakan," katanya. 

Menurut Widayat, pihaknya tidak ingin melihat kasus yang terjadi beberapa waktu lalu. Ihwal itu dianggapnya sebagai masa lalu yang harus dijadikan pembelajaran bagi jajaran direksi. "Masa depan adalah tantangan bersama. Ke depan kami akan maju dengan tata kelola sama-sama memperbaiki supaya perusahaan ini menjadi lebih maju dengan pondasi yang kuat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 14 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement