Advertisement

Masih di RSUP Dr Sardjito, Pemulangan Jenazah Zhang Zhi Jie Tunggu Keputusan Keluarga

Catur Dwi Janati
Jum'at, 12 Juli 2024 - 17:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Masih di RSUP Dr Sardjito, Pemulangan Jenazah Zhang Zhi Jie Tunggu Keputusan Keluarga Suasana audiensi antara PBSI dan keluarga Zhang Zhi Jie, atlet badminton asal China yang meninggal dunia dalam turnamen Asia Junior Championship 2024 beberapa waktu lalu. / Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah beberapa pekan berpulang, jenazah pebulu tangkis asal China, Zhang Zhi Jie yang meninggal dunia dalam ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 saat ini masih berada di Jogja tepatnya di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito.

Selama menunggu keputusan dari keluarga sang atlet, jenazah Zhang masih disimpan di ruang pendingin Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito. Pihak rumah sakit tidak mengambil treatment atau tindakan apapun kepada jenazah sebelum mendapatkan keputusan orang tua mendiang terkait penanganan jenazah Zhang.

Advertisement

"Sampai saat ini masih kami simpan di ruang pendingin," tutur Manajer Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan pada Jumat (12/7/2024).

Baca Juga: Meninggal saat Bertanding di Jogja, Pemulangan Jenazah Zhang Zhi Jie Masih Menunggu Keputusan Keluarga

Keputusan mengenai penanganan dan kepulangan sang atlet sepenuhnya ada pada keluarga mendiang. Rumah sakit hanya menunggu kabar terbaru dari pihak keluarga ataupun dari pihak PBSI. "Kami masih menunggu, keputusan dari keluarga Zhang dan juga keputusan atau informasi dari PBSI, prinsipnya seperti itu," imbuhnya.

Keluarga sang mendiang memang sempat melakukan audiensi dengan sejumlah pihak pekan lalu. Hanya saja dalam pertemuan tersebut belum ada keputusan mengenai kelanjutan penanganan jenazah Zhang.

"Jadi keluarga waktu itu belum memberikan planning atau konfirmasi seperti apapun," tandasnya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Pebulu Tangkis China, Zhang Zhi Jie Meninggal Akibat Vaksin COVID-19

Kendati demikian Banu memastikan bila fasilitas ruang pendingin yang ada di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito memiliki kemampuan untuk menyimpan jenazah dalam waktu yang lama.

"Insyaallah lama, karena kita freezer-nya insyaallah sudah mampu juga untuk [menyimpan dalam] waktu panjang," tegasnya.

Baca Juga: Penanganan Jenazah Atlet Zhang Zhi Jie, RSUP Sardjito Tunggu Instruksi Keluarga

Sebelumnya Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat tengah berlaga di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di GOR Amongrogo pada Minggu (30/6/2024). Zhang lantas mendapat penanganan awal di lapangan sebelum akhirnya dibawa ke RSPAU Hardjolukito.

Atas permintaan tim official China, Zhang lantas dipindahkan ke RS Sardjito untuk penanganan tindakan kritis. Akan tetapi nyawa Zhang Zhi Jie tidak berhasil diselamatkan.

Sejak masuk RSPAU Hardjolukito hingga dipindah ke RSUP Dr. Sardjito, rumah sakit telah menjalankan sejumlah tata laksana kepada Zhang Zhi Jie. Setelah menjalani serangkaian tata laksana, sang atlet selanjutnya ditempatkan di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr Sardjito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement