Advertisement

Woro-woro! Saluran Irigasi Selokan Van Der Wijck di Tempel Sleman Bakal Dimatikan Selama Sebulan

David Kurniawan
Rabu, 17 Juli 2024 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Woro-woro! Saluran Irigasi Selokan Van Der Wijck di Tempel Sleman Bakal Dimatikan Selama Sebulan Sejumlah pengendara melintas di dekat Saluran Van Der Wijck di Kalurahan Banyurejo, Tempel. Foto diambil 30 Mei 2024 Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) berencanakan mematikan sementara saluran irigasi di Selokan Van Der Wijck. Kebijakan ini diterapkan untuk pemeliharan rutin terhadap saluran irigasi agar tetap berfungsi optimal.

Ahli Madya Bidang Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air, BBWSSO, Vicky Ariyanti mengatakan, rencana pemeliharaan Selokan Van Der Wijck dilaksanakan Oktober mendatang. Hal ini berdampak terhadap operasional selokan karena akan diberhentikan sementara selama satu bulan.

Advertisement

BACA JUGA: KPK Geledah Kompleks Balai Kota, Termasuk Ruang Wakil Wali Kota Semarang

“Selama tidak beroperasi akan dipergunakan untuk pemeliharaan rutin,” kata Vicky kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Menurut dia, pemeliharaan dilakukan sebagai bagian untuk optimalisasi operasional dari selokan. Kebijakan ini juga telah disosialisasikan ke Masyarakat.

“Kalau untuk pemeliharaan Selokan Mataram masih butuh koordinasi. Rencananya akhir Juli ini ada pembahasan untuk kepastian waktu pemeliharaannya,” katanya.

Keberadaan Selokan Mataram dan Van Der Wick merupakan saluran irigasi bagi warga Sleman. operasional sangat membantu warga di sektor pertanian sehingga lahan yang dimiliki dapat terkelola dengan baik.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Sleman, Bambang Kuntoro mengatakan, sudah mendapatkan informasi berkaitan dengan rencana pemeliharaan terhadap Selokan Van Der Wick di Oktober mendatang. Recananya saluran irigasi akan dimatikan selama satu bulan untuk perbaikan rutin.

“Sudah ada jadwalnya. Tapi, untuk Selokan Mataram belum ada kepastian,” katanya.

BACA JUGA: Promosikan Aerotropolis, Investasi Triwulan 1 Kulonprogo Baru Mencapai Rp34,5 Miliar

Dia berharap upaya pemeliharaan tidak berdampak signifikan terhadap kebutuhan air bagi Masyarakat yang tinggal di sekitar aliran selokan. Pasalnya, di 2023 lalu juga ada perbaikan skala besar terhadap dua selokan yang berdampak terhadap Masyarakat.

“Mudah-mudahan yang tahun ini bisa terkondisikan sehingga dampaknya tidak separah tahun lalu,” katanya.

Untuk kemarau di tahun ini, Bambang terus melakukan monitoring. Hingga saat sekarang kondisi masih terkendali dikarenakan belum ada permintaan air bersih di Masyarakat.

Kendati demikian, ia mengakui sudah membuat antisipasi dengan mengalokasikan anggaran sebankay 163 tangki yang siap didistribusikan ke Masyarakat. “Pagunya sudah disiapkan dan nantinya dipergunakan untuk droping air bersih bagi warga yang kesulitan air bersih,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement