Advertisement

Dinkes Jogja Gelar Pekan Imuniasi Nasional Polio, Satu Kelurahan Minimal Satu Titik

Lugas Subarkah
Kamis, 25 Juli 2024 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Dinkes Jogja Gelar Pekan Imuniasi Nasional Polio, Satu Kelurahan Minimal Satu Titik Anak-anak mengikuti PIN Polio di Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede, Kamis (25/7/2024). Istimewa - Dokumen Dinkes Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio mulai Selasa (23/7/2024).

Untuk menghindari penumpukan peserta, pelaksanaan di wilayah dilaksanakan puskesmas dan bekerja sama dengan pemangku wilayah.

Advertisement

Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinkes Kota Jogja, Lana Unwanah, menjelaskan pelaksanaan PIN tersebar di berbagai titik di setiap wilayah di Kota Jogja, yang dikoordinasi oleh puskesmas.

“Sasarannya bayi baru lahir sampai anak usia tujuh tahun. Kami bekerja sama dengan pemangku wilayah kemantren, kelurahan, dan sekolah dan semuanya dikoordinasi oleh puskesmas di wilayah masing-masing,” ujarnya, Kamis (25/7/2024).

Untuk pelaksanaannya tersebar di berbagai titik, seperti di kantor kemantren, kantor kelurahan, dan sekolah, tergantung kesepakatan. “Lokasinya banyak, satu kelurahan minimal ada satu lokasi,” katanya.

Dengan disebarnya pelaksanaan vaksinasi ini, diharapkan tidak terjadi penumpukan peserta di satu lokasi. Adapun total sasaran PIN Polio hampir 31.000 anak. Puskesmas juga telah menjadwalkan pelaksanaan bagi setiap sasaran, dengan batasan per hari sekitar 300 anak di setiap lokasi.

Dalam pelaksanaannya, petugas puskesmas bertugas di bagian skrining kesehatan dan vaksinator. Sedangkan di bagian pendaftaran dibantu oleh kader posyandu dan PKK wilayah.

Dengan sistem ini, dia melihat dari pelaksanaan selama tiga hari pertama tidak terjadi penumpukan.

“Masih bisa diurai. Kemarin di Mergangsan pesertanya mencapai 400 anak, menumpuk sampai pukul 14.00 WIB, tetapi masih bisa terlayani,” katanya.

Dalam PIN Polio ini, setiap sasaran mendapat dua kali dosis vaksin. Dosis pertama diberikan selama periode 23-29 Juli 2024, kemudian dosis kedua diberikan 6-12 Agustus 2024. Adapun jenis vaksin yang diberikan yakni tetes tipe 2 atau Novel Oral Poliomyelitis Vaccine (nOPV)2.

“Vaksin ini diberikan karena adanya KLB [kejadian luar biasa] polio. Pada 2014 Indonesia sudah bebas polio, tetapi dengan cakupan imunisasi polio yang menurun di beberapa daerah karena pandemi, maka beberapa penyakit yang sebelumnya bisa ditekan bermunculan lagi, salah satunya polio,” ujarnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement