Advertisement

Sejumlah Jabatan Kepala OPD di DIY Belum Juga Terisi, Ini Penjelasan Sekda

Yosef Leon
Rabu, 07 Agustus 2024 - 16:27 WIB
Ujang Hasanudin
Sejumlah Jabatan Kepala OPD di DIY Belum Juga Terisi, Ini Penjelasan Sekda ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY mengklaim telah mengantongi nama-nama pejabat yang nantinya akan dijadikan sebagai kepala organisasi perangkat daerah (OPD) definitif guna mengisi jabatan yang sekarang tengah kosong. 

Beberapa OPD yang sekarang tengah dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) adalah Dinas Pariwisata DIY, Badan Kesbangpol DIY, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Umum, Dinas Perhubungan DIY, Biro Bina Mental dan Spiritual DIY, Sat Pol PP dan dan DPKP DIY. 

Advertisement

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan, jabatan kepala instansi yang sekarang belum ditetapkan pejabat definitifnya bukan berarti Pemda DIY mengulur-ulur waktu dan memperlama jabatan itu kosong. 

"Namun untuk menuju pimpinan instansi yang kompeten tentu harus disiapkan dengan matang dan pengetahuan tentang organisasi pemerintahan harus diperkuat," jelas Beny, Rabu (7/8/2024). 

Menurutnya, cara mendidik itu ditempuh dengan menetapkan sosok pejabat yang dianggap cocok dalam memimpin instansi terkait sebagai Plt. Penetapan itu sekaligus menjadi proses pembelajaran dari pejabat terkait sebelum ditetapkan secara definitif. 

"Nama-namanya kami sudah ada, SDM-nya juga terpenuhi, tapi kan semuanya butuh proses," kata Beny. 

BACA JUGA: DIY Ubah Mekanisme Pengisian Jabatan ASN ke Arah Talent Pool

Hanya saja Beny menilai masih ada kesenjangan yang ditemukan pada pejabat yang nantinya akan mengisi posisi eselon II itu. Mereka yang disinyalir akan dipromosikan rata-rata merupakan generasi yang lahir pada tahun 1980 an, sehingga harus butuh kompetensi yang kredibel. 

"Tentu tidak hanya bisa secara teori tetapi tahu betul kondisi di lapangan seperti apa," ungkap dia. 

Beny mengklaim dirinya juga telah melaporkan soal kekosongan pejabat eselon dua tersebut kepada Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X saat bertemu beberapa waktu lalu. Pihaknya memastikan telah menyiapkan beberapa nama dan tinggal mencari waktu yang tepat untuk dilantik. 

"Sistemnya tetap pakai talent poll dan sudah dapat izin dari KASN untuk melaksanakan itu. Datanya sudah siap tinggal melantik, semakin cepat lebih bagus," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Pengakuan Kaesang Saat Pergi ke AS dengan Private Jet

News
| Selasa, 17 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement