Advertisement

Respons Sultan Jogja Terkait Pedagang Teras Malioboro 2 Akan Jualan di Jalur Pedestrian

Yosef Leon
Rabu, 11 September 2024 - 16:37 WIB
Sunartono
Respons Sultan Jogja Terkait Pedagang Teras Malioboro 2 Akan Jualan di Jalur Pedestrian Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Sultan Jogja memberikan respons terkait adanya aksi unjuk rasa pedagang Teras Malioboro 2 di kawasan Malioboro pada Rabu (11/9/2024). 

Dalam aksi itu mereka memblokir Jalan Malioboro dan menyampaikan aspirasi agar dilibatkan dalam setiap proses relokasi ke tempat yang baru yakni di Beskalan dan Ketandan. 

Advertisement

"Saya tidak tahu [soal unjuk rasa pedagang Teras Malioboro 2]," kata Sultan, Rabu (11/9/2024). 

BACA JUGA : Mengaku Tidak Sejahtera, PKL Teras Malioboro 2 Ingin Dilibatkan Dalam Proses Relokasi

Dalam aksi tersebut para pedagang TM 2 juga mengancam bakal kembali berjualan di selasar Malioboro atau jalur pedestrian jika pemerintah tidak melibatkan mereka dalam proses relokasi. Direncanakan TM 2 bakal dipindah pada 2025 mendatang.

Sultan menyebut pedagang tidak punya hak untuk kembali berjualan di selasar Malioboro. Meskipun pedagang mengancam akan kembali berjualan kembali ke tempat itu. Akan tetapi Sultan memberikan catatan bahwa pedagang tidak memiliki hak untuk berjualan di selasar.

"Kalau kembali jualan ke selasar ya tidak mungkin. Mau kembali ke sana ya terserah dia, selasar juga bukan punya mereka,” ucapnya. 

Sementara dalam aksi yang digelar pedagang TM 2 di barat Kompleks Kepatihan mereka meminta agar proses relokasi melibatkan pedagang. Mereka mengaku tidak mendapatkan kepastian dan sosialisasi yang jelas soal relokasi itu. 

"Kami sudah bersurat ke Pemda DIY tapi dioper ke Pemkot Jogja. Ketika kami bersurat ke Pemkot Jogja disuruh ke Pemda DIY. Padahal ini kan harusnya sama-sama menjembatani," kata Supriyati, salah seorang pedagang TM 2. 

BACA JUGA : Protes Pedagang Berujung Ribut Gerbang Teras Malioboro 2 Dikunci di Sisi Barat, Ada yang Berdagang di Pagar

Diketahui bahwa Pemkot Jogja dan Pemda DIY saat ini tengah menyiapkan relokasi TM 2 untuk yang kedua kalinya. Nantinya ada sebanyak 1.041 pedagang yang dipindahkan ke lokasi baru. 

Dengan rincian sebanyak 712 pedagang akan ditempatkan Ketandan dengan lahan seluas 3.779 meter persegi selanjutnya sebanyak 329 pedagang dipindahkan ke Beskalan di lahan seluas 2.982 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kian Santer, Begini Utak Atik Nama Menteri di Kabinet Prabowo

News
| Selasa, 17 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement