Advertisement

Siap-siap! Warga Terdampak Tol Jogja Solo Seksi 3 di Nogotirto dan Sidomulyo Bakal Gelar Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian

Catur Dwi Janati
Rabu, 25 September 2024 - 08:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Siap-siap! Warga Terdampak Tol Jogja Solo Seksi 3 di Nogotirto dan Sidomulyo Bakal Gelar Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka pada (22/12) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz. \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengadaan tanah untuk proyek Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Jogja-YIA terus berproses. Warga terdampak di Nogotirto dan Sidomulyo Sleman bakal menggelar musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Hary Listantyo Prabowo belum mendapatkan informasi wilayah mana lagi yang akan segera dilakukan pencairan ganti rugi.

Advertisement

BACA JUGA: Nilai Ganti Rugi Tol Jogja Solo YIA Sempat Ditolak Warga Banaran Lor Banguncipto Kulonprogo

Hanya saja Hary mengungkapkan jika ada dua kalurahan yang bakal memasuki tahap musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian. Kedua kalurahan tersebut mencakup Kalurahan Nogotirto dan Sidomulyo.

 "Kalau pembayaran UGK (uang ganti kerugian) saya belum ada info. Kalau musyawarah penetapan UGK hari Kamis-Jumat besok di Nogotirto. Selasa-Kamis di Sidomulyo," kata Hary pada Selasa (24/9/2024).

Agenda musyawarah akan membahas bentuk ganti kerugian, bukan besarannya. Menilik peraturan perundang-undangan, bentuk ganti kerugian ada bermacam-macam. Selain uang, bentuk ganti kerugian dapat berupa tanah pengganti, pemukiman kembali, saham dan bentuk lain yang disepakati "Iya [bentuk ganti kerugian], besaran sudah fix sesuai hasil penilaian dari appraisal," tegasnya. 

Sebelum tahapan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian pengadaan tanah jalan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Yogyakarta-Kulonprogo juga diselenggarakan di Kalurahan Sidoarum awal Agustus lalu. 

Kala warga disarankan untuk memilih ganti kerugian dalam bentuk uang. Ganti kerugian dalam bentuk uang menjadi bentuk ganti kerugian yang paling mudah, paling cepat dan bisa segera digunakan warga terdampak.

Pasalnya bila ganti kerugian berbentuk tanah, dibutuhkan waktu untuk mencari tanah pengganti yang sesuai dengan luasan yang terdampak. Selain itu harus ada panitia khusus yang bekerja untuk menyiapkan tanah pengganti. 

Hal serupa juga terjadi jika ganti kerugian berbentuk pemukiman kembali. Ada waktu yang dibutuhkan untuk mencari tanah dan proses membangun ulang pemukiman juga memerlukan waktu.

Sementara bila ganti kerugian berbentuk saham akan ada hitungan yang lebih rumit dan masyarakat tidak bisa langsung menikmati hasil ganti kerugian. 

Di Sidoarum, setelah musyawarah, berkas para warga dijelaskan Hary akan divalidasi oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman. Berkas yang dalam proses validasi dinilai lengkap akan dikirimkan ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Selanjutnya PPK akan memproses hal tersebut untuk diusulkan ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Dianiaya hingga Meninggal, Polisi Tetapkan 9 Tersangka, 3 Di antaranya Anak-Anak

News
| Rabu, 25 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement