Advertisement

Meski Hanya Menjabat 2 Bulan, Ini Program Akan Diselesaikan PJs Bupati Sleman

David Kurniawan
Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:47 WIB
Sunartono
Meski Hanya Menjabat 2 Bulan, Ini Program Akan Diselesaikan PJs Bupati Sleman Pejabat Sementara Bupati Sleman, Kusno Wibowo. - Harian Jogja/David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala Dinas Lingkungan Hidup DIY, Kusno Wibowo sejak 25 September 2024 ditunjuk menjadi Pejabat Sementara Bupati Sleman. Selama menjabat, ia tidak hanya memastikan penyelenggaraan pilkada berjalan dengan lancar, juga harus mengawal pembahasan APBD 2025.

Advertisement

“Saya hanya menjabat dua bulan atau selama kampanye berlangsung, tapi akan bekerja secara sungguh-sungguh selama di Sleman,” kata Kusno pada saat jumpa pers dengan awak media, Kamis (3/10/2024).

BACA JUGA : Cek Lokasi Pemadaman Listrik Hari Ini di Jogja dan Sleman, Jumat 27 September 2024, Mulai Pukul 13.00 WIB

Dia menjelaskan, tugas utama sebagai PJs bupati yang harus diselesaikan adalah mengawal pelaksanaan pilkada agar berjalan dengan aman damai dan lancar. Di sisi lain, juga memastikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral selama gelaran pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Sikap netral ini sudah diwujudkan dengan menggelar deklarasi netralitas yang diikuti jajaran pegawai pemkab saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Pemkab,” kata Kusno.

Selain masalah pilkada, juga ada ketugasan lain yang harus diemban, khususnya menyangkut masalah pemerintahan. Untuk mempermudah pelayanan, salah satunya yang menyangkut masalah pengaduan masalah, Kusno mengaku sudah menyiapkan terobosan agar warga bisa menyampaikan keluhan yang dimiliki tentang pemerintahan.

Meski masih dikaji secara konsep, tapi ia sudah memiliki gambaran besar tentang pelayanan ini. Salah satunya akan memanfaatkan kegiatan car free day yang digelar setiap dua minggu sekali.

“Ini yang masih dimatangkan konsepnya. Mungkin nanti saat kegiatan car free day, bisa menyampaikan keluhan yang dimiliki melalui layanan yang telah disediakan sehingga akses aduan dapat lebih mudah,” katanya.

Di sisi lain, Kusno mengaku sudah menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan 2024 bersama-sama dengan DPRD Sleman. Rancangan peraturan daerah ini, telah disepakati bersama pada 30 September 2024 lalu.

“Tidak ada masalah dengan pembahasan karena sudah disepakati. Hal yang sama berlaku bagi pembahasan APBD 2025, pembahasannya akan kami kawal sesuai dengan proses yang direncanakan. Kalau memang ada yang melenceng, tolong juga diingatkan,” katanya.

BACA JUGA : 28 Toko Miras Ditutup, Begini Alasan Pemkab Sleman

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto mengatakan, Bupati Kustini dan Wakil Bupati Danang Maharsa sudah mengajukan cuti untuk melaksanakan kampanye di Pilkada 2024. Selama cuti, maka jabatan bupati menjadi kosong sehingga Gubernur DIY menunjuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kusno Wibowo sebagan Pejabat Sementara Bupati Sleman. “Pengukuhan dilakukan oleh Gubernur DIY di Bangsal Kepatihan pada 24 September lalu,” katanya.

Dia menjelaskan, tugas PJs akan berlangsung hingga bupati definitif selesai melaksanakan cuti sehingga tata Kelola pemerintahan tetap berjalan seperti biasa. Sesuai dengan cuti yang diajukan, rencananya Bupati Kustini maupun Wakil Bupati Danang Maharsa akan mulai cuti 25 September hingga 23 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Hari Batik, InJourney Destination Management Menghadirkan Distrik Batik di Prambanan

News
| Kamis, 03 Oktober 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement